10 Jenis Kura Kura yang Ada Di Indonesia

SitusHewan.comKura Kura, Nama Hewan ini cukup popular dikalangan pecinta binatang/hewan peliharaan, Kura – kura adalah jenis hewan yang bersisik, berkaki empat dan termasuk golongan reptile. Bangsa hewan yang disebut (ordo)Testudinata (atau Chelonians) ini khas dan mudah dikenali dengan adanya ‘rumah’ atau batok (bony shell) yang keras dan kaku. Batok kurakuranya ini terdiri dari 2 bagian, pertama bagian atas yang menutupi punggung disebut karapas dan bagian bawah disebut plastron. Dan kemudian setiap bagiannya terdiri dari 2 lapis. Untuk lapisan luar umumnya berupa sisik keras dan besar, dan tersusun rapih seperti genting, sementara untuk lapisan bagian dalam berupa lempeng – lempeng tulang yang tersusun rapat seperti tempurung.

Untuk kebiasaan Hidupnya, Kura Kura ini hidup di berbagai tempat, mulai dari sungai, laut, gurun, padang rumput, hutan, dan rawa. Untuk sifatnya kura – kura ini ada yang bersifat pemakan tumbuhan, pemakan daging atau campuran. Kita ketahui bahwa kura – kura tidak memiliki gigi, tetapi perkerasan tulang di moncong kura-kura sanggup memotong apa saja yang menjadi makanannya.
jenis Kura Kura
Kura Kura
Ditinjau dari segi ukurannya, ukuran tubuh kura – kura ini bermacam – macam, ada yang kecil ada juga yang sangat besar. Untuk jenis Kura kura terbesar adalah Penyu belimbing, karapasnya dapat mencapai panjang 300 cm. dan labi – labi terbesar adalah labi – labi irian, dengan panjang kurang lebih sekitar 52 inci. Sedangkan untuk kura – kura yang terkecil adalah kura – kura mini dari afrika selatan, dan panjang karapasnya tidak melebihi dari 8 cm.

Dan kali ini kami akan memberikan informasi tentang 10 Jenis Kura Kura yang Ada Di Indonesia :
  1. Cuora Amboinensis
  2. Cyclemys dentata-semi aquatic
  3. Notochelys platynota-semi aquatic
  4. Heosemys spinosa-semi aquatic
  5. Callagur borneoensis-full aquatic
  6. Manouria emys emys-kura darat
  7. Batagur baska-fll aquatic
  8. Indotestudo forstenii-kura darat
  9. Siebenrockiella crassicollis-full aquatic
  10. beiyogo
Apakah anda tertarik Setelah membaca informasi tentang kura kura diatas? Itulah informasi tentang 10 Jenis Kura Kura yang Ada Di Indonesia.
10 Jenis Kura Kura yang Ada Di Indonesia | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *