Jenis Kucing Tiffany

SitusHewan.com - Apakah anda sudah mengenal dengan kucing yang di kenal dengan sebutan Tiffany? Apakah anda tahu ciri-ciri Tiffany dan karakteristik hewan tersebut? Kalu belum mari kita bahas dibawah ini.

Pada tahun 1967 di New York, Amerika Serikat (AS), pemilik Neotype Cattery yang bernama Jennie Robinson membeli sebuah rumah, dalam penjualannya itu mereka juga mendapat paket yang isinya adalah sepasang kucing yang berwarna coklat. Dan ke dua Nama kucing itu adalah Thomas Dan Shirley. Namun tidak diketahui mengenai latar belakang maupun jenis kucing asal induknya. Jenis kucing tersebut memiliki warna cokelat dan berbulu semi longhair dan tipe badan semi foreign.
Jenis Kucing Tiffany
Dan Akhirnya, sepasang kucing tersebut melahirkan enam anak kucing. Anehnya semua anak kucing memiliki bulu coklat padat yang mirip dengan induknya. Dan Kemudian, Jennie Robinson membuat program penangkaran untuk kucing milik mereka itu. Tepatnya tahun 1970 Jennie mendaftarkan Thomas dan shirley dengan anak kucing mereka ke  American Cats Association (ACA).

Beberapa ahli menduga bahwa kucing tersbut hanya keturunan dari Burmese. Namun mereka tidak memiliki warna sepia yang merupakan ciri khas burnese. Beberapa kucing tersebur dijual kepada Sigyn Lund (peternak kucing Burmese). Kemudian dia memperkenalkan ras Tifanny.

Karena jumlahnya yang sedikit ACA akhirnya menghapus Ras Kucing Tiffany ini. Namun tidak lama berselang di Kanada ada banyak pecinta kucing yang menemukan ras ini dan memutuskan untuk melestarikan mereka.

Kucing ini memiliki bentuk tubuh yang sedikit asing yang diselimuti bulu semi-panjang. Bulunya lembut dan halus. Kucing hanya memiliki satu lapisan bulu, sehingga lebih mudah dalam perawatannya dibandingkan dnegan kucing yang memiliki dua lapisan bulu.

Kucing Tiffany tergolong jenis kucing yang pertumbuhannya lambat. Biasanya pertumbuhan mereka cenderung belum sempurna hingga mereka menginjak usia 2 tahun. Untuk standarisasinya kucing ini harus memiliki hidung yang tidak mancung tidak juga pesek, serta moncong yang kuat, luas, pendek,dan lembut. 
Pada awalnya kucing Tiffany hanya memiliki bulu berwarna cokelat. tetapi saat ini sudah ada warna lain seperti biru, cinamon, ungu, dan cokelat kekuningan. Selain itu, warna bulu kucing ini juga tidak hanya solid saja, saat ini sudah ada berbagai macam corak seperti tutul, mackerel, dan ticked.

Ciri ciri kucing Tiffany :
  1. Berukuran medium
  2. Tipe badan semi foreign
  3. berat badan antara 4-5 kg
  4. Bentuk kepala hampir seperti segi tiga
  5. moncong pendek
  6. dagu kecil
  7. Telinga besar
  8. Tulang pipi lebar
  9. Mempunyai ekor dihiasi bulu lembut
  10. Warna mata adalah gold
  11. Tentu saja ciri khas jenis kucing yang berwarna cokelat
Ref : kucinggue, jeniskucing
Jenis Kucing Tiffany | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *