Anis Kembang Dan Cara Perawatannya

SitusHewan.com – Anis Kembang, Anis kembang atau punglor kembang atau Zoothera interpres pernah mencapai puncak kejayaan jauh melambung di atas semua burung kicauan. Sekitar akhir 1990 atau awal 2000, harga pasaran anis kembang bakalan yang baru bisa ngriwik, pernah mencapi rata-rata Rp. 3,5 juta.

Burung anis kembang ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan anis merah, misalnya anis kembang secara umum lebih gampang bunyi, tidak gampang stress dan suaranyapun lebih merdu. Tipe suara anis kembang yang ngerol, cenderung mendominasi suara ocehan burung lainnya jika kita gantang di dalam rumah bersama-sama. Dibanding burung lain, burung ini memiliki lagu variatif, tapi tergantung pola pemasterannya, memiliki warna suara yang merdu. Meski bisa sangat keras, tetapi tidak memekakkan telinga. Beda dengan suara burung-burung kicauan lainnya.
perawatan anis kembang gacor
Dan berikut ini adalah ciri – ciri anis kembang jantan dan betina :

Anis Kembang Jantan:
  • Memiliki mata yang menonjol.
  • Memiliki warna bulu yang lebih mengkilap dan kontras.
  • Terdapat bulu hitam/abu-abu yang berlekuk seperti awan pada bagian pantatnya.
  • Jika ngeriwik akan membuka paruhnya (saat anakan/trotolan/bakalan).
  • Memiliki bentuk kaki yang lebih rapat dari anis kembang betina.
  • Anis kembang jantan yang sudah dewasa/birahi akan menanduk atau menyundul-nyundul sambil berkicau jika didekatkan dengan AK betina.
Anis Kembang Betina :
  • Memiliki mata yang datar tidak menonjol seperti anis kembang betina.
  • Memiliki warna bulu yang tidak begitu kontras atau tegas layaknya AK jantan.
  • Pada bagian pantatnya, terdapat bulu yang berwarna putih (ada yang putih bersih ada juga putih keruh).
  • Saat masih bakalan/anakan, saat ngeriwik hanya menggelembungkan lehernya meskipun suaranya keras.
  • Memiliki bentuk kaki yang renggang dan sedikit menunduk.
  • AK betina yang sudah dewasa akan membuka dan menutup sayapnya /menggetarkan sayapnya jika didekatkan dengan AK jantan yang berkicau. Itu menandakan dia merespon kicauan AK jantan.
Cara Merawat Anis Kembang Agar Cepat Gacor :

1. Jenis kelamin
Pilihlah jenis kelamin jantan, karena biasanya burung anis kembang jantan cendrung lebih sering berbunyi ketimbang anis kembang betina.

2. Pakan burung anis kembang
Supaya burung anis kembang cepat gacor/rajin bunyi, anda sebaiknya mengganti voer lama dengan yang baru setiap dua hari sekali. Voer yang diberikan sebaiknya berkadar protein 12-18%.Untuk anis kembang, pemberian pakan hendaknya bervariatif dengan tujuan kebutuhan anis kembang akan karbohidrat, mineral, protein, dan vitamin tercukupi. Dan juga disarankan agar memberi buah – buahan yang segar untuk burung tersebut. Seperti pepaya, apel dll.

3. Pemberian Extra Food (EF)
Extra food merupakan makanan tambahan bagi anis kembang untuk variasa menu makanan dan mencukupi kebutuhan nutrisinya. Untuk EF anis kembang, anda bisa memberikan jangkrik setiap hari. Sedangkan pemberian cacing, ulat hongkong, kroto diberikan hanya beberapa kali saja dalam seminggu.

4. Kebersihan kandang
Untuk kenyamanan anis kembang, disarankan untuk selalu membersihkan kandang setiap hari. Termasuk membersihkan kotoran dan mengganti air minum, dan berilah air minum yang sudah dimasak/air mineral.

5. Pemandian dan Penjemuran
Burung anis kembang sebelum dimandikan sebaiknya diangin-anginkan dulu di teras selama 30 menit. Setelah itu anda bisa memandikan burung anis kembang dengan semprot atau dengan karamba, disesuaikan dengan kebiasaannya. Penjemuran burung anis kembang agar cepat gacor bisa anda lakukan setiap hari di pagi hari. jam 8-10 pagi, dan sebaiknya tidak didekatkan pada burung anis kembang lain. Setelah dijemur burung diangin-anginkan di teras selama kurang lebih 10 menit, setelah itu dikerodong kembali.

6. Pemasteran
Untuk yang satu ini sangat wajib, karena pemasteran akan melatih burung anda supaya cepat gacor. Pemasteran suara bisa dilakukan dengan suara burung master lain atau dengan mp3 player yang sekarang banyak tersedia. Pemasteran bisa dilakukan pada siang hari sampai sore hari (10.00-15.00), dan di malam hari sampai pagi. Untuk hasil yang maksimal, selama pemasteran anis kembang sebaiknya dikerodong. Pemasteran baik dilakukan saat anis kembang masih bakalan/anakan agar memori yang diterima akan selalu diingat oleh anis kembang saat dewasa nanti.

7. Kenyamanan lingkungan
Burung adalah spesies yang terbiasa dengan suasana nyaman, begitu juga dengan anis kembang. Untuk itu agar burung kacer merasa nyaman dan tenang, pastikan suasana di sekitar rumah anda kondusif. Jauh dari hal – hal yang dapat membahayakan burung tersebut.dan buatlah suasana yang sejuk, aman dan nyaman untuk burung tersebut.


Pencarian :
Anis Kembang Dan Cara Perawatannya | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *