Cara Perawatan Kacer Mabung

SitusHewan.com – Mabung/ngurak merupakan siklus kehidupan dari burung kacer, hal ini akan dialami pada setiap burung kacer dalam kurung 1 atau 2 tahun. Dalam proses mabung ini disinilah burung kacer sangat memerlukan perhatian khusus dari kita sebagai perawatnya.

Cara Perawatan Kacer Mabung

Faktor-faktor yang berpengaruh pada masa mabung tidak bisa sepenuhnya dipahami, karena sangat kompleks. Umur burung, musim saat mabung, cuaca harian, kadar hormon dan siklus perkembangbiakan, semua menjadi faktor penentu bagi keberhasilan atau kegagalan burung melewati masa mabung.
Hal yang paling utama untuk diingat adalah bahwa pada saat burung mabung, Anda harus memberikan suplai pakan yang cukup sehingga mereka bisa mengembangkan bulu-bulu sesempurna mungkin.
Untuk menyediakan protein yang diperlukan untuk peningkatan produksi bulu, Anda harus meningkatkan asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin. Protein seperti itu bisa ditemukan di dalam daging hewan. Daging dapat diberikan kepada kebanyakan burung yang sedang mabung dalam jumlah kecil plus pemberian suplemen makanan yang baik. Suplemen multivitamin dan multimineral yang baik seharusnya mengandung berbagai vitamin dan mineral serta asam amino untuk memungkinkan tumbuhnya bulu secara normal.

Dan berikut ini adalah perawatan Kacer Mabung :
  1. Sediakanlah ruangan khusus bagi burung kacer yang sedang mabung tersebut, agar burung tersebut dapat istirahat dengan tenang selama proses mabung berjalan. Dan usahakan tidak ada hal – hal yang membuat burung tersebut merasa terganggu. Seperti gangguan – gangguan dari binatang dan lain – lain.
  2. Lakukan Full Kerodong, kerodong dapat dibuka kalau waktu pemberian makan dan pergantian air minum saja.
  3. Selagi burung tersebut sedang menjalani proses mabung janganlah memandikannya.
  4. Berikanlah burung tersebut asupan pakan yang bermutu dan tercukupi. Seperti voer yang bermerk, kroto dan jangkrik.
  5. Selalu melakukan proses pembersihan kandang, kurang lebih 2 atau 3 hari sekali.
  6. Anda harus memberikan vitamin dan mineral pada waktu proses mabung berjalan. Hal ini sangat di anjurkan. Dan janganlah melakukan penjemuran hingga proses mabung tersebut selesai.

Proses mabung ini bisa memakan waktu kurang lebih 2 sampai 3 bulan, tergantung pada kondisi burung dan asupan yang diberikan selama proses mabung tersebut. 

Kata Kunci Pencarian :
Cara Perawatan Kacer Mabung | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *