6 Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Populer

SitusHewan.com – Kali ini kami akan membahas tentang Ikan Hias Air Tawar, Ikan Hias merupakan jenis ikan yang paling banyak diminati oleh orang – orang yang ingin memperindah ruangannya, seperti ruang tamu, ataupun di kamar. Kita ketahui Ikan Hias memiliki keindahan dalam bentuk tubuh dan warnanya sehingga jenis ikan hias ini semakin lama semakin banyak peminatnya. Maka dari itulah ikan hias ini menjadi salah satu hewan peliharaan yang paling populer di dunia saat ini. Kehadiran ikan hias di dalam rumah masyarakat modern dapat menjadi salah satu alternatif hiburan di tengah rutinitas yang sangat padat.

Biasanya Ikan hias ini dipelihara untuk kesenangan, oleh karena itu bentuk, warna, ukuran, keserasian, dan kebiasaannya benar-benar harus kita perhatikan. Hampir 75% pasokan ikan hias air tawar di dunia ini adalah berasal dari Indonesia, dan sekurang-kurangnya 363 Jenis Ikan Hias Air Tawar ari Indonesia telah diekspor ke berbagai negara di dunia.

Ikan Hias Air Tawar adalah jenis ikan hias yang habitatnya di air tawar. Untuk pemeliharaan ikan hias air tawar biasanya di akuarium atau di kolam, tetapi itu tergantung tujuan pemeliharaan. Ikan hias yang dipelihara untuk kesenangan atau untuk memperindah ruangan biasanya ikan tersebut ditempatkan di akuarium sedangkan sedangkan ikan hias yang dipelihara dengan tujuan mendapatkan keuntungan dari hasil budidaya biasanya di tempatkan di kolam.

Baca Juga : Tips Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Jenis Ikan Hias Air Tawar Apa Saja Yang Saat Ini Paling Populer?

Tentunya saat ini kami akan memberikan informasi kepada anda tentang 6 Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Populer. Ke 6 jenis ikan hias ini memiliki tubuh yang unik dan warna yang sangat indah.

1. Ikan Oskar
Ikan Hias Air Tawar
Ikan Oskar merupakan ikan hias air tawar yang populer saat ini
Jenis ikan ini memiliki ukuran dan gerak yang mirip dengan ikan nila. Ikan oskar ini memiliki warna dasar hitam dengan warna batik oranye yang menonjol. Dan ada pula albino/putih pucat dengan garis totol-totol oranye ataupun berwarna albino polos.

2. Ikan Arwana
Ikan Hias Air Tawar
Ikan Arwana merupakan ikan hias air tawar yang populer saat ini
Jenis ikan Arwana ini memilki banyak nama, seperti ikan naga, ikan payang, siluk, silok, kalikasa, kalasa dan khayangan. Ikan ini termasuk dalm golongan ikan purba yang ukuran telurnya sebesar telur burung puyuh. Ikan arwana mempunyai tubuh yang besar dengan sisik yang memikat.

3. Ikan Koki/Maskoki
Jenis Ikan Hias Air Tawar
Ikan Koki merupakan ikan hias air tawar yang populer saat ini
Jenis Ikan ini merupakan jenis ikan tawar yang hidup di perairan dangkal dengan aliran air yang tenang berudara sejuk. Ikan maskoki memiliki mata yang besar dan agak menonjol keluar, warna sisik bervariasi dari putih, metalik, merah, kuning, merah kekuningan, hijau, hitam atau gabungan dari warna-warna tersebut. Warna-warna pada tubuh ikan maskoki ini ditentukan oleh kandungan pigmennya.

4. Ikan Cupang
Jenis Ikan Hias Air Tawar
Ikan Cupang merupakan ikan hias air tawar yang populer saat ini
Ikan cupang ini memiliki bentuk badan yang memanjang dengan warna yang beraneka ragam seperti coklat, hijau, merah, biru, kuning, abu-abu dan putih.  Sirip ikan ini panjang menjuntai hingga terlihat seperti seluruh tubuh ikan tertutupi sirip yang berwarna-warni. Tubuh cupang betina rata-rata lebih kecil dibandingkan dengan ikan cupang jantan.

5. Ikan discus (Symphysodon discus)
Jenis Ikan Hias Air Tawar
Ikan Discus merupakan ikan hias air tawar yang populer saat ini
Ikan ini berasal dari perairan Amazon. Disebut discus karena bentuknya seperti piringan (disc) dengan warna-warni yang atraktif. Pembawaan ikan hias air tawar ini sangat tenang dan gerakannya lembut, sehingga disebut raja akuarium. Ikan yang paling besar bisa mencapai diameter 15 cm.

6. Ikan Koi
Ikan Hias Air Tawar
Ikan Koi merupakan ikan hias air tawar yang populer saat ini
Ikan koi merupakan ikan hias air tawar yang cocok dipelihara di kolam bukan akuarium. Karena daya tarik ikan koi terdapat pada warna-warni yang indah bila dilihat dari atas. Selain itu, ikan koi juga memerlukan ruang gerak yang luas. Jenis ikan hias air tawar ini cukup mudah dikembangbiakan, namun sulit mendapatkan koi berkualitas.

Itulah informasi yang bisa kami berikan kepada anda, semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda yang ingin memelihara ikan air tawar di rumah anda. Sebagai acuan harga, kami juga menyarankan untuk membaca Daftar Harga Ikan Hias Lengkap Dengan Ukurannya. Dan kami mengucapkan terimakasih kepada anda karena telah membaca 6 Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Populer.
6 Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Populer | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *