Kelinci Anggora Dan Cara Merawatnya

SitusHewan.com – Kelinci Anggora, Berikut ini kami akan sedikit membahas tentang Kelinci Anggora. Kelinci Anggora merupakan hasil pembiakan dari berbagai kelinci Domestik, salah satu tujuannya untuk mendapatkan bulu panjang dan lembut. Jenis kelinci ini merupakan salah satu jenis kelinci tertua dari dalam negri, yang berasal di angkara, atau yang kita kenal dengan anggora. Kelini anggora merupakan hewan peliharaan yang sangat populer dengan royalti perancis pada pertengahan abad ke-18, dan menyebar ke bagian lain di eropa pada akhir abad ini.

Kelinci Anggora pertama kali muncul di negara Amerika Serikat (AS) pada awal abad 20. Untuk jenisnya, keinci anggora yang akan kami bahas disini ada 5 jenis yaitu :
cara merawat Kelinci anggora
1. Anggora Inggris
Jenis kelinci ini paling unik di antara jenis kelinci lainnya, karena seluruh bulunya menutupi semua anggota badan. Sehingga tidak dapat membedakan antara telinga dengan wajahnya. Jenis kelinci ini mempunyai berat kurang lebih sekitar 3.5 Kg.

2. Anggora Prancis
Kelinci ini merupakan salah satu keturunan anggora terbesar sekitar 7,5 – 10 lbs, dengan tipe tubuh komersial. Ini berbeda dengan Kelinci Angora Inggris, Giant dan Jerman yang memiliki wajah yang bersih dan kaki depan, dengan rumbai hanya kecil pada kaki belakang.

3. Anggora keturunan Giant
Jenis kelinci ini merupakan jenis kelinci terbesar dari keturunan anggora yang diterima ARBA, yang diciptakan oleh Louise Walsh, dari Taunton Massachusetts menjadi kelinci penghasil bulu yang efisien dan berkelanjutan dengan pakan kelinci berbasis alfalfa 16-18% dan jerami serta hidup dalam kandang kawat serta ditujukan untuk bibit komersial. Berat kelinci ini sekitar 4,5 Kg (9,9) atau lebih besar.

4. Anggora Keturunan satin
Jenis kelinci ini berasal dari persilangan antara kelinci satin dengan kelinci anggora perancis. Keturunan anggora ini tidak menghasilkan seperti bulu domba sebanyak keturunan kelinci Angora lainnya. Sifat ini sedang diperbaiki melalui pemuliaan selektif. Bulu wol mesti mempunyai tekstur mengkilap, halus tinggi, dengan rambut penjaga yang baik untuk kemudahan pemeliharaan. Untuk berat dari kelinci ini sekitar 3,0 – 4,5 Kg.

5. Anggora Jerman
Jenis kelinci angora keturunan Jerman ini terlihat mirip dengan Angora raksasa. Sebuah asosiasi terpisah untuk kelinci anggora Jerman disebut International Association of German Angora Rabbit Breeders atau IAGARB. Dan untuk sementara jenis kelinci ini tidak diakui ARBA yang umum di amerika Serikat. Berat kelinci ini sekitar 2.0 – 5.5 Kg.

  1. Perhatikanlah selalu kandangnya, jaga agar kandang tersebut tidak lembab dan jagalah dari cuaca yang tidak bersahabat seperti hujan, panas matahari dan hembusan angin secara langsung. Karena kondisi kering pada kandang sangatlah baik.
  2. Usahakanlah lantai kandang diberi penampung, supaya kandang kelici tersebut selalu bersih. Karena penampung membuat cara membersihkannya lebih mudah.
  3. Pada dasarnya kelinci adalah hewan yang lincah, maka dari itulah anda harus membuat kandang yang cukup luas, dengan begitu kelinci akan lebih senang bermain dan tidak mudah stress.
  4. Jangan terlalu memberikan kelinci minum, karena kelinci adalh termasuk hewan yang tidak terlalu membutuhkan air banyak. Anda cukup memberikannya 2 kali sehari saja dengan porsinya.
  5. Cara merawat kelinci anggora yang paling krusial adalah memperhatikan pola makannya. Beri makanan secara teratur kelinci peliharaan anda pada pagi dan sore atau sore dan malam. Pastikan makannya tidak mengandung banyak air. Jangan memberikan sayuran kepada jenis kelinci anggora/ hias lainnya dalam bentuk segar. Pastikan sayuran tersebut dalam keadaan sudah layu sehingga kadar airnya sudah berkurang.
  6. Berilah sedikit waktu untuk kelinci tersebut untuk bermain bebas di halaman rumah, karena kelinci sama seperti manusia yang butuh waktu untuk bergerak bebas dan bermain.
Perhatikanlah juga kesehatannya, karena kesehatnya merupakan hal yang paling penting dalam perawatan kucing anggora tersebut, itulah Kelinci Anggora Dan Cara Merawatnya Yang Baik. Semoga bermanfaat.
Kelinci Anggora Dan Cara Merawatnya | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *