Kura Kura Brazil Dan Cara Merawatnya

SitusHewan.com – Cara Merawat Kura Kura Brazil,- kura kura brazil merupakan kura kura yang berasal dari bagian selatan amerika serikat, kura kura ini dikenal sebagai kura–kura red-ear slider yang memiliki warna campuran antara hijau dan kuning. Kura kura ini sangat mudah beradaptasi dan mempunyai daya tahan tubuh yang sangat kuat. Umur kura kura brazil ini dapat mencapai usia 20 tahun dengan panjang maksimal sekitar 30 cm. Kura kura tersebut dapat berkembang biak dengan cara bertelur.dan jumlahnya bervariasi antara 20 hingga 45 butir telur, tetapi itu tergantung kesuburan dan cuacanya.

Cara Merawat Kura Kura Brazil

Kura kura brazil ini mempunyai tubuh yang berwarna hijau tua dengan garis–garis kuning dan memiliki bercak merah pada sisi kepalanya. Jari-jari kaki belakangnya dihubungkan oleh selaput seperti bebek karena mereka hewan air. untuk membedakan jenis kelamin, Jantan memiliki cakar yang lebih panjang di kaki depannya. sedangkan kloaka pada betina lebih dekat ke tempurungnya daripada jantan.
Cara memelihara Kura Kura Brazil
Kura kura brazil adalah hewan air, maka dari itu kita perlu menaruhnya di aquarium atau kolam yang nyaman dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhannya. jika kita tidak mau menyediakan kolam di luar, maka aquarium adalah solusi terbaik untuk kura-kura brazil. selain itu, dengan menggunakan aquarium, kita bisa lebih mudah untuk membersihkannya. Kura-kura brazil termasuk hewan omnivora atau pemakan segala, namun dalam pemeliharaannya kita harus pandai-pandai memvariasikan jenis makanan kura-kura agar nutrisi bagi kura-kura terpenuhi. Kura-kura bayi biasa lebih suka memakan daging-dagingan, sedangkan kura-kura dewasa biasa lebih suka memakan tumbuh-tumbuhan.

Dan berikut ini cara perawatan kura kura brazil :
  • Gunakanlah akuarium yang sesuai dengan ukuran kura kura kamu.
  • Usahakan agar kura-kura tidak berada didalam ruangan ber-AC. Bila berada di ruangan ber-AC, kamu bisa menambahkan heater khusus akuarium agar suhu air tetap stabil. Suhu air yang baik untuk kura-kura adalah 20-28 derajat Celcius. Karena bila kura-kura berada di ruangan dingin, kura-kura dapat terserang penyakit paru-paru. Parahnya lagi, cara menyembuhkannya cukup sulit.
  • Berilah makanan yang bervariasi untuk kura-kura kamu. Misalnya, ikan kecil, wortel, cacing tanah dll. disarakan untuk mencucinya terlebih dahulu, agar makanan tersebut bersih.
  • Jagalah kebersihan air. Gunakan filter pada akuarium agar kebersihan air tetap terjaga. Jika kamu tidak menggunakan filter, sering-seringlah membersihkan air di akuarium/kolam tersebut. Karena air yang kotor dapat menyebabkan berbagai penyakit.
  • Berilah makanan yang secukupnya, biasanya 2 kali sehari. Jangan berlebih.
  • Berilah suplemen khusus kura-kura. Hal itu berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh kura-kura.
  • Sikat cangkang kura-kura secara perlahan minimal 1 minggu sekali untuk menghilangkan kotoran yang menempel dan sulit dihilangkan.
  • Tempatkanlah kura-kura ditempat yang terkena sinar matahari. Bila tidak terkena sinar matahari, kamu bisa menggunakan lampu reflector. Hal ini berfungsi agar kura-kura mendapat UVA dan UVB. Sinar UV membantu proses pencernaan makanan dan menghangatkan tubuh kura-kura.
  • Karena kura-kura juga makhluk hidup, kamu harus memperlakukan kura-kura layaknya teman. Kura-kura tidak suka bila air di kolam/akuariumnya diobok-obok.
  • Berikan batu atau semacamnya di akuarium kura-kura, agar kura-kura dapat berjemur
  • Dekorasikan kolam/akuarium kamu dengan bahan-bahan yang tidak berbahaya bagi kura-kura kamu.
  • Jika kura-kura terserang penyakit, kamu harus menaikkan suhu dari 23-30 derajat Celcius, berikan juga kura-kura makanan yang bergizi dan jagalah kebersihan akuarium/kolam.
  • Kura-kura jangan terlalu sering dipegang.
Itulah yang dapat kami sampaikan tentang kura kura brazil dan cara perawatannya, jika anda ingin menjaga kesehatan kura kura brazil anda, ikutilah langkah-langka yang kami sampaikan di atas.
Kura Kura Brazil Dan Cara Merawatnya | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *