Mengenal Ikan Salmon Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ikan Salmon merupakan sejenis ikan laut dari famili salmonidae. Ada juga iklan lain yang 1 keluarga dengan ikan salmon yaitu Trout. Ikan Salmon hidup di samudra atlantik dan samudra pasifik. Secara umum ikan ini adalah spesies anadromous, yaitu spesies yang bermoigrasi untuk berkembang biak. Ikan ini lahir di perairan air tawar, bermigrasi ke lautan, dan kembali lagi ke air tawar untuk bereproduksi.
Ikan salmon
Mengenal Ikan Salmon
Ada suatu kepercayaan bahwa ikan salmon selalu kembali ke tempat yang sama dimana ikan tersebut lahir untuk berkembang biak. Penelitian menunjukan demikian. Namun masih misteri. Salmon kembali ke perairan air tawar yang deras untuk berkembang biak. Metode navigasi yang dilakukannya kemungkinan dilakukan dengan indra penciuman ikan tersebut. Setengah dari salmon dewasa akan mati dalam beberapa hari hingga minggu setelah berkembang biak.

Untuk menaruh telur, ikan salmon betina mengepakkan ekornya untuk menciptakan wilayah bertekanan rendah untuk mengangkat kerikil agar tersapu arus, menciptakan celah baginya untuk menaruh telur. Satu celah dapat menampung 5000 telur, menutupi area sekitar 2,8 m2. Untuk warna telur ikan salmon ini bervariasi dari mulai warna oranye hingga warna merah.

Satu atau lebih salmon jantan akan mendekati betina dan mengeluarkan spermanya ke air untuk membuahi telur. Salmon betina lalu menutupi telur-telurnya dengan menyapu kerikil lalu pergi bertelur di tempat lain. Salmon betina dapat melakukannya sebanyak tujuh kali sebelum telur dalam ovariumnya habis. Salmon akan mati kelelahan segera setelah bertelur.

Salmon menghabiskan waktu selama satu hingga lima tahun sebelum mencapai usia kematangan seksual. Salmon dewasa akan kembali ke tempat di mana dia dilahirkan untuk berkembang biak. Untuk menuju ke proses tersebut, beberapa jenis salmon mengembangkan taring. Warna mereka akan menjadi gelap. Jarak perjalanan yang dilakukan salmon sangat menakjubkan, mereka dapat mengarungi arus sungai sejauh 1.400 km dan mendaki setinggi 2.100 m dari lautan menuju tempat di mana mereka dilahirkan. Banyak yang mengatakan bahwa Ikan Salmon ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Lalu Apa Manfaat Bagi Kesehatan Tersebut?

Simak dibawah ini Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan :
1. Asam Amino
Ikan Salmon mengandung asam amino. Manfaat asam amino yang ada pada ikan salmon ini adalah menjaga kesehatan persendian, memaksimalkan fungsi insulin, dan mencegah inflamasi pada saluran pencernaan.

2. Mencegah Penyakit
Mengnsumsi ikan salmon bermanfaat mencegah bebaga penyakit seperti penyakit kardiovaskular, radang sendi, dan diabetes. Selain itu juga ikan salmon ini ampuh dalam mencegah pengumpulan darah dalam tubuh.

3. Fungsi Otak
asam lemak omega 3 pada ikan salmon adalah satu nutrisi yang menunjang kesehatan fungsi otak. Penyakit Alzheimer pun bisa di cegah dengan mengonsumsi ikan ini. Dan juga bisa menurunkan stress dan depresi.

4.Membentuk Otot
mengkonsumsi ikan salmon ini juga dapat membentuk otot. Protein tinggi pada ikan salmon tidak bisa dicerna dengan mudah seperti kabohidrat. Namun fungsi dari protein tersebut adalah membentuk otot yang membantu pembakaran lemak dalam tubuh secara lebih maksimal.

5. Enzim, Jaringan, Dam Hormon
Beberapa nutrisi penting dalam ikan salmon adalah zat besi, kalsium, selenium, vitamin A, B dan D. Semua nutrisi itu berperan dalam pembentukan jaringan, rambut, enzim, hormon, dan kuku.

6. Mata Sehat
Ternyata mengkonsmsi ikan salmon juga membuat mata  lebih sehat. Asam lemak pmega 3 dan asam amino bekerja sama dalam mencegah penuaan mata. Sehingga jika anda sering mengkonsumsi salmon mampu membuat mata anda tetap sehat dan pandangan semakin tajam.

Ternyata banyak sekali manfaat ikan salmon bukan? Setelah kami memaparkan tentang manfaat ikan salmon di atas apakah anda ingin terus mengkonsumsinya? Kalau saya sebagai admin situshewan.com pastinya iya. Nah itulah yang dapat kami sampaikan dalam pembahasaan kali ini. Terimakasih karena anda sudah mampir ke situs kami dan membaca Mengenal Ikan Salmon Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan.
Mengenal Ikan Salmon Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *