Murai Borneo dan cara Perawatanya

SitusHewan.com – Murai Borneo merupakan salah satu jenis burng populer yang di kenal di indonesia saat ini. Murai batu borneo ini merupakan sebutan kicau mania terhadap spesies murai batu yang berasal dari pulau kalimantan. Sama seperti jenis murai lainya , murai borneo ini memiliki beberapa jenis. Dan yang akan kami bahas disini ada 3 jenis burung murai batu borneo yaitu murai batu pelangka, murai batu banjar dan murai batu mahkota atau kepala putih.

Murai Borneo dan cara Perawatanya

Burung borneo ini mempunyai karakteristi yang khas yaitu pada saat bertarung, dadanya membusung dengan bulu dengan bulu dada yang mengembang, kepala yang menengadah ke atas lalu membungkuk ke bawah yang kadang dengan gerakan cepat tetapi juga kadang bergerak lambat.
Dan berikut ini adalah jenis jenis murai borneo :
1. Murai Batu Mahkota
Kenapa burung ini disebut dengan murai mahkota? Karena burung tersebut memiliki warna putih di bagian kepalanya. Gaya tarung mb ini seluruh bulu dada dan perutnya mengembang hingga nyampai batas lehernya,sekilas akan mirip seperti bola. Memiliki body yang relatif besar, sedang dan juga kecil. Panjang ekor burung ini 8 sampai 14 cm.

2. Murai Batu banjar
Burung ini mempunyai  sifat petarung yang cukup tinggi,sehingga banyak para mb mania melombakan burung ini,khususnya di daerah kalimantan. Gaya bertarung burung ini hampir sama dengan murai mahkota yaitu mengembang seperti bola. Burung ini mempunyai panjang ekor sekitar 10 sampai 14 cm. Dan warna pada dadanya pun relatif ada yang coklat muda dan ada juga coklat tua.

3. Murai Batu Pelangka
Jenis burung ini memiliki postur yang mirip dengan murai batu jambi/lampung. Untuk gaya bertarungnya tidak sama seperti banjar mengembang bulat.Tetapi sedikit mengembang pada bulu perut saja dan sedikit di dada.Burung inilah yang sering di katakan sebagai burung murai batu lampung dan jambi oleh pedagang yang nakal. Panjang ekor burung ini sekitar 14 sampai 18 cm.

Nah itulah tentang murai borneo dengan 3 jenisnya, selanjutnya cara perawatan burung borneo, aabila anda mempunyai murai borneo, simaklah perawatan dibawah ini.

Melatih Bakalan Murai Borneo Makan Voer :
Dibiasakanlah untuk makan voer. Berikut ini 2 cara untuk melatih burung agar mau makan voer :
Campurkan voer lembut dengan kroto, lalu dibasahi dengan sedikit air, dan bagian atasnya ditaburi lagi dengan kroto. Lakukan hal ini selama seminggu atau lebih, hingga burung benar-benar mau makan voer secara total.

Mencampur voer lembut dengan ulat hongkong yang dipotong kecil-kecil, atau bisa juga dicampur dengan potongan perut jangkrik yang juga dipotong kecil-kecil. Kemudian basahi dengan air dan bagian atasnya ditaburi kroto. Berikan selama seminggu atau lebih, hingga burung benar-benar mau makan voer secara total.

Untuk melatih bakalan murai borneo makan jangkrik : Pada waktu makan jangkrik, cobalah masukan 1-2 butir voer ukuran sedang ke dalam bagian tubuh dari jangkrik tersebut, kemudian diberikan kepada Murai Borneo. Biasanya Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dari itulah, jangkrik dan kroto harus disiapkan dan selalu tersedia.

Itulah sedikit yang bisa kami sampaikan tentang Murai Borneo dan cara Perawatanya. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan anda tentang burung murai borneo.


Kata Kunci Pencarian :
Murai Borneo dan cara Perawatanya | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *