Tips Membuat Kandang Kelinci Yang Baik

SitusHewan.com – Kita ketahui kelinci merupakan hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan, maka tidak heran banyak orang yang memelihara kelinci hingga saat ini, dan orang yang memelihara kelinci ini tentunya harus memberikan perawatan khusus agar kelinci tersebut selalu sehat, dan faktor kesehatan itu salah satunya adalah kelinci tersebut mempunyai Kandang yang baik. Maka dari itu banyak orang – orang yang mencari informasi tentang Tips Membuat Kandang Kelinci Yang Baik.  Karena dengan mencari informasi tersebut setidaknya mendapatkan gambaran dalam cara membuat kandang kelinci yang baik.

Memang pada awalnya kelinci adalah hewan liar yang cukup sulit untuk dijinakan. Namun semakin lama semakin banyak kelinci yang dapat dipelihara dan dibudidayakan dalam media kandang. Untuk membudidayakan dalam media kandang ini biasanya dalam pembuatan kandang itu bahannya terbuat dari kayu, bisa juga bambu dan kawat glavanis. Untuk model atau ukuran kandang kelinci biasanya harus disesuaikan dengan jenis kelinci yang akan dipelihara tersebut. Dan disarankan kandang kelinci tidak terlalu sempit atupun kecil supaya kelinci yang anda pelihara bisa bergerak dengan lebih luluasa. Dan jika anda ingin membudidayakan/ternak kelinci anda bisa membaca Cara Ternak Kelinci Yang Baik.
Tips Membuat Kandang Kelinci Yang Baik
Untuk membuat kandang kelinci anda harus memahami karakter dasar kelinci terlebih dahulu, Dan berikut ini Tips Membuat Kandang Kelinci Yang Baik :
Memahami Terlebih Dahulu Karakter Dasar Kelinci :
  1. Kelinci mempunyai karakter takut kepada ketinggian, maka dari itulah buat kandang yang tidak terlalu tinggi.
  2. Kelinci juga tidak suka ditempat yang berangin kencang. Maka dari jangan membuat kandang di tempat yang terlalu terbuka dan berangin kencang.
  3. Kelinci sangat takut terhadap hewan predator seperti kucing, tikus, anjing. Maka dari itu buatlah kandang yang baik untuk kelinci dan juga buatlah di sekitar kandang jauh dari hewan yang akan membuatnya stress.
  4. Pada dasarnya kelinci adalah binatang yang suka dengan kebersihan, oleh karenanya buat desain kandang yang disertai pembuangan kotoran feses & urine. Serta jauhkan kandang kelinci dari tempat yang kotor dan bau.
  5. Tempatkanlah kandang di lokasi yang tenang dan aman, karena kelinci selain mempunyai indra penciuman yang tajam juga mempunyai indra pendengaran yang tajam. Kelinci tersebut akan mudah stres apabila mendengar suara – suara berisik.
  6. Kelinci suka menggigit kayu guna mengendalikan pertumbuhan kuku & giginya. Maka dari itu sebaiknya anda memilih bahan kandang dari kayu yang keras.
Perencanaan Pembuatan Kandang :
  • Ukur kesediaan luas lokasi untuk penempatan kandang.
  • Pilihlah bahan yang mudah didapat sekitar kita, seperti kayu, bambu atau kawat galvanis. Pilih kawat yang tebal dan lebih tahan terhadap cuaca terutama air (tidak mudah berkarat).
  • Agar pemakaian bahan lebih efektif dan efisien buatlah desain minimal 2 ruang per kandang dengan tetap mempertimbangkan luas lokasi penempatan kandang.
  • Sesuaikan pemilihan & pembelian bahan dengan dana yang dimiliki.
Untuk Ukuran Kandangnya simak dibawah ini :
  • Untuk kelinci mini (Netherland Dwarf & Hotot) sekitar 50x60x40 cm (panjang x lebar kebelakang x tinggi).
  • Untuk kelinci medium (seperti Rex, Holland Lop, Dutch) sekitar 60x70x50 cm.
  • Untuk kelinci besar / pedaging seperti kelinci Flemish Giant & New zealand sekitar 70x80x60 cm
Untuk Contoh Kandang Kelinci bisa dilihat di atas, nah itulah salah satu Kandang Kelinci yang baik. Tips Membuat Kandang Kelinci Yang Baik ini diambil dari berbagai sumber seperti Griya dan lainya. Kami mohon maaf apabila ada salah kata dalam penulisannya. Kami ucapkan terimakasih anda sudah berkunjung ke situs kami. Anda juga dapam membaca artikel kami tentang 19 Jenis Kelinci Yang Ada Di Indonesia.
Tips Membuat Kandang Kelinci Yang Baik | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *