Ayam Ketawa Dan Harganya

Ayam Ketawa – Dalam Informasi sebelumnya kami sudah membahas tentang Ayam Pelung, Ayam yang populer saat ini. Dan pda kesepatan kali ini juga akan membahas tentang Ayam Ketawa, ayam ini juga termasuk ayam yang paling banyak dicari saat ini.

Ayam Ketawa biasa dikenal dengan sebutan Ayam jantan dari timur adalah ayam asli Indonesia yang berasal dari kabupaten Sindrap, Sulawesi Selatan. Ayam ketawa atau disebut dengan “Manu Gaga” dalam bahasa Bugis merupakan hewan yang masuk dalam kategori unggas yang dilindungi, dikarenakan keberadaannya langka dan hampir punah. Ayam ketawa ini dulu hanya dipelihara dan berkembang biak di lingkungan bangsawan Bugis sebagai simbol status sosial yang menggambarkan tentang kesuksesan, keberanian dengan istilah “ Jantan “.
Ayam Ketawa
Secara fisik ayam ketawa ini memiliki ciri – ciri yang sama dengan ayam kampung biasa namun yang membedakannya yaitu ayam ketawa memiliki suara mirip dengan manusia yang sedang tertawa/ketawa. Makannya tidak heran ayam ini cukup unik dan semakin banyak peminatnya. Dalam sekali bertelur ayam betina ini bisa menghasilkan rata – rata 11 sampai 13 telur.

Ayam Ketawa ini  sering dikonteskan seni suara ketawanya. Yang menarik dalam satu kali kontes pesertanya bisa mencapai 700 sampai 800 ekor ayam ketawa. Cara penjuriannya hampir sama dengan kontes lomba burung perkutut, tapi bedanya kontes ayam ketawa ini tidak memakai kurungan, cuman batang bambu atau kayu berbentuk huruf "T" yang dipasang sebagai tempat berdiri Ayam ketawa ini.

Harga Ayam Ketawa :
Harga ayam ketawa anakan umur 1 bulan mencapai 150 ribu/ekor. Memasuki umur 3 bulan harga ayam ketawa ini sudah naik signifikan, Harganya berkisar antara 600 ribu sampai 700 ribu/pasang.
Untuk Harga ayam ketawa Betina dewasa sekitar 800 ribu ke atas tergantung kualitas  warna bulu dan juga fisik dari ayam itu sendiri. Sedangkan untuk ayam ketawa Jantan dewasa harganya antara 1 juta ke atas, dan itu juga tergantung kualitas dari ayam tersebut. Tidak hanya itu, ayam ketawa jantan yang menang kontes harganya bisa mencapai 50 Juta. Wow sangat fantastik bukan??

Nah itulah informasi seputar Ayam Ketawa. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini bermanfaat untuk para pembaca dan para peminat ayam ketawa. Terimakasih atas kunjungnnya, salam pecinta hewan.
Ayam Ketawa Dan Harganya | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *