Mengenal Ayam Pelung Cianjur Dan Harganya

Ayam Pelung – Kali Ini Situs Hewan akan membahas tentang Ayam Pelung, Ayam ini merupakan ayam peliharaan asal cianjur. Walaupun secara umum ayam ini mirip dengan ayam kampung biasa tetapi ke 2 hewan tersebut memiliki perbedaan yaitu Ayam Pelung memiliki bentuk badan yang besar dengan pial dan jengger yang besar menjadi ciri khusus ayam pelung.

Tidak hanya itu Ayam Pelung tersebut memiliki ciri Ciri Lain yaitu Suara Kokoknya Panjang mengalun dan bersih berbeda dengan ayam kampung biasa. Bobot ayam pelung jantan dewasa bisa mencapai 5 - 6 kg dengan tinggi antara 40 sampai 50 cm. 
ayam pelung
Gambar Milik Ayam Pelung Cianjur
Sekarang Ayam Pelung ini semakin terkenal dan cukup diminati oleh masyarakat umum, wisatawan nusantara dan mancanegara. Seorang Putra Kaisar Jepang pernah berkunjung ke Warungkondang untuk melihat peternakan Ayam Pelung tersebut. Bahkan di Cianjur setiap tahun diselenggarakan kontes Ayam Pelung yang diikuti pemilik dan pemelihara ayam pelung se-Jawa Barat dan DKI Jakarta. Ayam Pelung terbaik yang menjadi juara kontes harganya bisa mencapai harga jutaan rupiah.

Untuk Mengenali Ciri Ciri Ayam Pelung yang bagus Dan Berkualitas memang bukan perkara Mudah, apalagi jika ayam tersebut belum berkokok. Terlebih jika orientasi kita memelihara ayam pelung untuk mengikuti kontes. Bakalan pelung yang bagus tidak menjamin menjadi pemenang, karena perawatan ayam pelung juga memiliki peranan penting.

Lalu Bagaimana Ciri Ciri Ayam Pelung Yang Bagus?

Dan simaklah ciri ciri ayam pelung yang akan kami sampaikan dibawah ini :
  1. Untuk Postur tubuhnya, ayam pelung ini memiliki badan yang besar dan gagah, Untuk Berat ayam pelung jantan dewasa beratnya sekitar 5 kilogram.
  2. Kedua sayap kelihatan kokoh dan memiliki bulu yang mengkilap dan rapi.
  3. Leher besar dan panjang dengan buku-buku yang lebat yang warnanya bervariasi. Di bagian bawah leher terdapat tembolok yang juga besar dengan posisi di tengah-tengah secara simetris.
  4. Kepala bundar atau lonjong dan besar, kelihatan bersinar dan nampak memiliki sifat pemberani bahkan beringas.
  5. Dada bidang dan besar serta nampak kokoh dan kuat.
  6. Jengger besar dan tebal menjulang ke atas berbentuk tunggal bergerigi berwarna merah, pialnya juga besar berwarna merah.
  7. Kedua kaki panjang dan besar serta kuat, cakar juga kuat, Bentuk kaki persegi dengan sisik-sisik kaki yang rapi dan bersih serta menkilap. Warna kakinya hitam kebiru-biruan, hijau, atau putih keabu-abuan. Warna kaki ayam pelung yang berwarna kuning, biasanya merupkan hasil silangan dengan ayam kampung.
Dan Berapakah Harga Ayam Pelung Saat Ini?

Berikut ini anda bisa lihat informasi tentang harga ayam pelung yang dilansir dari ssaung ayam pelung di daerah jawa barat :

Daftar Harga Ayam Pelung :
  1. Anakan usia 1 bulan keturunan biasa 100 ribu sepasang,
  2. Anakan usia 1 bulan keturunan bagus 200 ribu sepasang
  3. Anakan Usia 2 bulan keturunan biasa harga 180 ribu sepasang.
  4. Anakan usia 2 bulan keturunan bagus harga 300 ribu sepasang.
  5. Anakan usia 3 bulan keturunan biasa 250 ribu sepasang
  6. Anakan usia 3 bulan keturunan bagus harga 400 ribu sepasang
Nah itulah yang dapat kami sampaikan kepada anda tentang Ayam Pelung Cianjur Dan Harganya. Anda juga dapat membaca artkel lainnya tentang Jenis Jenis ayam dibawah, Semoga bermanfaat.
Mengenal Ayam Pelung Cianjur Dan Harganya | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *