Mengenal Beruang Madu Si Hewan Buas Dari Kalimantan

Beruang Madu – Siapa yang tidak mengenal Hewan ini, Hewan ini cukup terkenal karena beruang ini selalu dijadikan tokoh cerita dalam film – film yang salah satunya adalah Winnie The Pooh. Walaupun hewan ini terlihat sangat lucu tetapi dalam kehidupan nyatanya beruang ini termasuk hewan buas.

Ada beberapa jenis beruang yang salah satunya adalah beruang kutub, beruang hitam amerika, beruang Grizzly, beruang hitam asia, dan panda. Namun beruang yang hidup di indonesia adalah beruang madu atau disebut Helarctos malayanus.
beruang madu
Gambar Beruang Madu
Beruang Madu ini dapat ditemukan di sumatra kalimantan, tepatnya di hutan lindung sungai wain, kalimantan timur.  Hewan ini mempunyai sipat pemalu dan penyendiri. Dan Diantara jenis beruang , beruang madu inilah yang paling kecil. Panjang beruang madu ini hanya 1,4 M, tingginya 70 Cm dan beratnya 50 sampai 65 Kg.
Beruang madu mempunyai bulu yang berwarna hitam dan hitam kecoklatan, matanya berwarna coklatb dan biru, mempunyai hidung yang lebar dan moncong yang tidak terlalu panjang. Kepalanya besar dengan daun telinga kecil dan bundar. Lidahnya bisa dipanjangkan sampai 25 sentimeter. Di bawah leher ada tanda unik berwarna kuning pucat, seperti sepatu kuda atau huruf V. Bulu warna terang juga terdapat di sekitar rahang, hidung, dan mata.

Beruang madu senang menghabiskan waktu di pepohonan. Dengan kuku yang panjang, ia bisa memanjat pohon berbatang lurus dengan cepat dan mudah. Ia bisa berlari di tanah dengan kecepatan 48 kilometer per jam dan menjelajahi daerah seluas 9-15 hektar.

Beruang madu yang hidup di kandang bisa hidup sampai 30 tahun. Mereka mengandung 96 hari dan melahirkan sampai dua anak setahun. Anak beruang madu menyusui sampai usia 18 bulan. Bayi beruang akan tinggal di sarang sampai kuat mencari makanan bersama sang induk.

Selain di Indonesia, beruang madu ini terdapat di hutan tropis Asia Tenggara, menyebar dari Malaysia, Indochina, China Selatan, dan Myanmar. Hewan ini tidak berhibernasi seperti beruang di negeri empat musim.

Beruang madu adalah omnivora. Selain madu, ia makan binatang kecil, seperti burung, ayam, kadal, rayap, semut, larva kumbang dll. Ia juga makan buah-buahan dan daun, seperti pucuk palem. Dan untuk sekarang beruang madu ini merupakan hewan yang dilindungi di indonesia.
Mengenal Beruang Madu Si Hewan Buas Dari Kalimantan | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *