Binturung Adalah Hewan Langka Yang Nyaris Punah

SitusHewan.com - Hewan ini selalu menatap tajam kepada setiap orang yang meng hampirinya, buru hewan ini terlihat sangat tebal. Nama hewan ini adalah Binturung. Hewan yang terancam punah ini adalah sejenis musang bertubuh besar, dan merupakan anggota suku Viverridae. Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat, menyelamatkan seekor Binturung. Berawal dari sebuah informasinya masyarakat terkait keberadaan hewan yang dilindungi ini dipelihara warga setempat.
Hewan Langka
Binturung Kalimantan
Hewan langka ini sudah di pelihara oleh waraga kec. Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, kurang lebih selama 6 bulan. Binturung ini berjenis betina yang masih liar berat badannya mencapai 13 Kg. Dan akan dibawa ke temapat aman. Di evakuasi ke Lembaga Konservasi Taman Satwa Sinka Island Kota Singkawang.

Pada saat ini populasi hewan ini mengalami penurunan. Populasinya berkurang karena pembukaan lahan untuk perkebunan. Dan Hancurnya hutan mengakibatkan rusaknya habitat Binturung, sehingga populasi hewan ini menjadi semakin turun, makannya kini Binturung adalah salah satu jenis hewan yang dilindungi di indonesia.

Binturung menyukai hutan-hutan primer dan sekunder, kadang-kadang juga ditemukan di kebun di tepi hutan. Hewan ini menyebar mulai dari dataran tinggi Sikkim hingga ke Tiongkok selatan, Birma, Indochina, Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Palawan.

Informasi Terbaru : Harga Musang Pandan Baby

Binturung mempunyai ciri khas yaitu bisa mengeluarkan bau, umumnya hampir sama dengan musang, dan bau tersebut digunakan untuk menandai wilayah kekuasaannya. Binturung betina dapat melahirkan 2 sampai 6 anak, setelah mengandung selama kurang lebih 91 hari.
Binturung Adalah Hewan Langka Yang Nyaris Punah | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *