Gajah Sumatra Adalah Mamalia Terbesar Di Indonesia

Gajah Sumatra merupakan salah satu dari sub spesies gajah asia yang memiliki habitat di pulau sumatra dan merupakan hewan mamalia terbesar di indonesia. Saat ini populasi gajah sumatera berkisar antara 2.400 - 2.800 ekor yang tersebar di beberapa kantong populasi. Tinggi gajah jantan bisa mencapai 1,7 sampai 2,6 M dengan berat 4 sampai 6 ton.

Gajah Sumatra ini dapat berjalan sejauh 20 km per hari untuk mencari makan berupa daun-daun. Dalam sehari gajah butuh 150kg daun-daunan dan 180 liter air minum. hewan raksasa ini dapat hidup sampai 70 tahun di alam liar dan merupakan hewan yang mempunyai otak yang cerdas karena memiliki otak yang lebih besar dibandingkan hewan mamalia yang lainnya. Buktinya mungkin dapat kita saksikan bahwa hewan yang besar itu dapat dilatih dan dapat menuruti perintah dari pawangnya.
Gambar Gajah Sumatra
Gajah Sumatra ini dapat menghabiskan 9 Liter air dengan menghisap melalui belalainya. Dan belalianya juga berfungsi untuk menggamit benda pada bagian ujungnya. Gajah ini mempunyai sifat khas yitu kecendrungannya hidup berkelompok. Dalam penjelajahannya, kawanan gajah akan mempertahankan kelompoknya dan saling berkomunikasi melalui suara yang bersumber dari getaran pangkal belalainya. Reproduksi gajah betina berfungsi secara matang pada usia 8 hingga 10 tahun, cukup muda apabila dibandingkan dengna masa reproduksi gajah jantan yang matang saat menginjak tahun ke-12 hingga 15.

Dan pada saat ini gajah sumatra merupakan hewan yang terancam punah maka dari itulah gajah sumatra ini merupakan hewan yang dilindungi oleh pemerintahan indonesia.

Nah Mungkin itulah sedikit tentang Gajah Sumatra, semoga informasi yang kami sampaikan di atas dapat membantu anda dalam menambah wawasan ilmu anda dalam bidang hewan.
Gajah Sumatra Adalah Mamalia Terbesar Di Indonesia | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *