Inilah 7 Hewan Yang Memiliki Umur Panjang

Fakta Unik Tentang Hewan Yang Berumur Panjang - Hewan merupakan kelompok organisme yang digolongkan dalam kerajaan Animalia atau metazoa, yaitu salah satu dari berbagai jenis makhluk hidup yang ada di bumi. Dan tahukah anda ternyata di antara makhluk yang ada di bumi ini diantarnya ada yang memiliki umur yang sangat panjang, dan mungkin bisa disebut hewan yang hidup hingga rastusan tahun.

Dan apakah anda tahu salah satu dari 7 hewan yang berumur panjang tersebut? Dan berikut ini bisa anda simak informasi tentang Hewan yang berumur panjang di didunia.

1. Sphenodon
Sphenodon
Sphenodon Adalah jenis reptil yang mirip dengan kadal. Namun, mereka adalah satu-satunya anggota yang masih hidup dari ordo reptil yang berkembang 200 juta tahun yang silam. Ini merupakan binatang endemik Selandia Baru. Biasanya, Tuatara berwarna hijau-cokelat, dengan panjang sekitar 80 Cm dari kepala hingga ujung ekornya. Mereka memiliki kulit menyerupai duri di bagian punggung. Dalam bahasa Maori kata "tuatara" mengacu pada duri-duri ini. Nenek moyang terbaru mereka dengan kelompok yang masih ada adalah squamates (kadal dan ular).

2. Ocean Quahog
Ocean Quahog
Anda pasti tidak asing lagi dengan hewan ini, Ocean Quahog merupakan spesies kerang yang dapat dimakan, sebuah moluska kerang laut dalam keluarga Arctiidae. Spesies ini adalah asli dari Samudra Atlantik Utara, dan dipanen secara komersial sebagai sumber makanan. Spesies ini juga dikenal dengan sejumlah nama umum yang berbeda, termasuk cyprine Islandia, mahoni kerang, mahoni quahog, quahog hitam, dan kerang hitam. The khas Arctica islandica menyerupai quahog, tapi shell dari quahog laut adalah bulat, periostracum biasanya hitam, dan pada bagian dalam shell, garis pallial tidak memiliki lekukan, atau sinus. Berbeda dengan quahog, yang hidup intertidally dan spesies ini hidup subtidal, dan hanya dapat dikumpulkan oleh pengerukan. Mereka tumbuh ke ukuran melebihi 50 mm tinggi shell. Ocean quahog adalah spesies kerang yang dimanfaatkan secara komersial. Para peneliti telah ditafsirkan lingkaran konsentris gelap atau band pada kulit sebagai tanda tahunan, seperti sebuah pohon memiliki cincin. Beberapa spesimen dikumpulkan telah diperkirakan bahwa lebih dari 400 tahun.

3. Tikus Mol Telanjang
Tikus Mol Telanjang
Secara tampilan, tikus mol telanjang ini memang tidak begitu enak dilihat. Tapi binatang ini justru bisa sangat tahan terhadap penyakit dan dapat hidup selama lebih dari 30 tahun, usia ini sepuluh kali lipat lebih panjang daripada binatang pengerat lainnya.

Sebuah studi yang baru-baru ini dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of the National Academy of Sciences menyatakan bahwa telah ditemukan bahwa zat kimia di dalam tikus mol yaitu RNA memberikan selnya pabrik protein. Artinya sel mereka kurang rentan terhadap adanya penyimpangan seiring usia bertambahnya usia, sehingga hal ini membuat tikus mol jauh lebih kuat dari serangan penyakit yang berhubungan dengan usia seperti kanker dan Alzheimer.

4. Cacing Pipih
Cacing pipih
Meskipun kecil ternyata binatang ini adalah salah satu binatang yang memegang kunci umur panjang. Meskipun dipotong, cacing ini dapat hidup kembali.

Para ilmuwan baru saja mulai menduga apa yang tidak tertandingi pada faktor penyembuhan makhluk itu, yang memungkinkan mereka untuk tumbuh otot yang baru, kulit, usus, dan bahkan otak, disebabkan oleh kemampuan cacing dalam memperbaharui persediaan enzim kunci. Hal ini dikatakan dalam laporan Telegraph

5. Tortoises
Tortoise
Tortoises merupakan keluarga reptil darat jenis Testudines. Seperti kura-kura pada umumnya, kura-kura dapat terlindung dari predator dengan shell. Bagian atas shell adalah karapas, dan dibawahnya yaitu plastron, dan keduanya dihubungkan oleh jembatan. Adaptasi kura-kura endoskeleton memiliki shell eksternal dengan fusi tulang rusuk. Kura-kura dapat bervariasi dalam ukuran dari beberapa Cm hingga dua meter. Mereka umumnya adalah jenis hewan tertutup. Kura-kura dianggap sebagai vertebrata dengan jangka hidup terpanjang di bumi. Salah satu yang tertua adalah Harriet, kura-kura Galapagos, yang meninggal karena gagal jantung pada usia 175 tahun pada bulan Juni 2006 di kebun binatang milik Steve Irwin. Harriet dianggap sebagai salah satu dari yang terakhir dari epik perjalanan hidup Darwin di HMS Beagle. Sebuah kura-kura raksasa Aldabra bernama Adwaita meninggal pada usia 250 pada Maret 2006.

6. Koi
koi
Siapa yang tidak tahu dengan ikan yang cantik ini, karena Koi merupakan jenis ikan hias, ikan mas peliharaan. Biasanya, mereka dapat dijumpai di kolam batu buatan dan kolam hias. Anehnya, beberapa varietas koi mampu hidup lebih dari 200 tahun. Paling awal dikenal adalah Hanako koi, ikan yang meninggal pada usia 226 pada tanggal 7 Juli 1977. Varietas koi dibedakan oleh warna, pola, dan eskalasi. Beberapa warna utama putih, hitam, merah, kuning, biru, dan krim. Kategori yang paling populer koi adalah Gosanke, yang terdiri dari Kohaku, Taisho Sanshoku, Showa Sanshoku dan varietas.

Nah itulah informasi seputar Hewan Yang Memiliki Umur Panjang, anda dapat membaca hal hal yang unik dan menarik seputar hewan di situs ini. Dan terimakasih sudah mampir ke situs ini. 
Inilah 7 Hewan Yang Memiliki Umur Panjang | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *