Inilah 8 Hewan Purba Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

SitusHewan.com - Hewan Purba merupakan hewan yang sudah punah jutaan tahun yang lalu, dan biasanya jika kita ingin melihat hewan purba tersebut maka kita hanya bisa melihat dalm bentuk posilnya saja. Tetapi ternyata diantara hewan purba itu masih bisa kita temukan beberapa hewan purba yang masih hidup di bumi ini dan termasuk di negara kita yaitu indonesia.

Hewan Purba yang dikira sudah punah ternyata masih ada samapai saat ini, dan berikut ini kami akan memberikan informasi kepada anda tentang 8 Hewan Purba Yang Masih Hidup Sampai Sekarang. Hewan Purba yang akan kami sampaikan merupakan hewan purba yang ada di indonesia.

1. Trenggiling
Gambar Hewan Purba Trenggiling
Trenggiling ini termasuk hewan purba, beberapa fosil trenggiling sudah ditemukan pada masa Oligosen dan Miosen. Makanan hewan ini adalah serangga, semut dan rayap. Rambutnya termodifikasi menjadi semacam sisik besar yang tersusun membentuk perisai berlapis sebagai alat perlindungan diri. Jika diganggu, trenggiling akan menggulungkan badannya seperti bola. Trenggiling hidup di hutan hujantropis dataran rendah dan dapat ditemukan di asia tenggara. Dan sekarang hewan ini di indonesia termasuk hewan yang dilindungi.

2. Belangkas
Gambar Hewan Purba Belangkas
Hewan ini sedikit mirip dengan kepiting dan merupakan jenis artopoda yang hidup di perairan dangkal dan kawasan mangrove. Hewan ini merupakan salah satu hewan purba yang tidak mengalami perubahan bentuk berarti sejak masa Devon (400-250 juta tahun yang lalu) dibandingkan dengan bentuknya yang sekarang, meskipun jenisnya tidak sama. Meski bentuk hewan ini menyeramkan tetapi daging dan telurnya bisa dijadikan makanan. Namun harus berhati – hati karena ada di bagian tubuhnya yang beracun. Hewan ini bisa ditemukan di perairan laut Asia Tenggara dan Amerika Utara.

3. Ikan Coelacanth
Gambar Hewan Purba Coelacanth
Ikan ini diduga sudah ada sejak era Devonian sekitar 380 juta tahun silam, hingga kini bentuk ikan ini tidak berubah. Hewan ini merupakan ikan purba yang berasal dari sebuah cabang evolusi tertua yang masih hidup. Sebelumnya, ikan tersebut sempat diperkirakan sudah punah sejak akhir masa Cretaceous 65 juta tahun lalu. Tapi kemudian ternyata ikan ini ditemukan masih hidup. Ikan ini hanya hidup di perairan Afrika Selatan bagian barat dan perairan Indonesia timur masing-masing disebut Latimeria chalumnae dan Latimeria menadoensis.

4. Komodo
Gambar Hewan Purba Komodo
Hewan ini merupakan spesies reptil purba endemik yang hidup semenjak zaman purba. Evolusi komodo dimulai dengan genus Varanus yang mulai berkembang di Asia antara 40-25 juta tahun yang lalu. Komodo adalah kerabat dekat dari dinosaurus. Hal ini dilihat dari ditemukannya fosil-fosil dari jenis dinosaurus tertentu yang menunjukkan kemiripan struktur tubuh dengan komodo. Hewan satu masa dengan dinosaurus ini dikenal sebagai kadal karnivora namun mereka juga hewan kanibal karena kadang mereka memangsa anak-anak mereka.

5. Penyu Belimbing
Gambar Hewan Purba Penyu Belimbing
Penyu Belimbing ini telah mendiami bumi semenjak 100 juta tahun silam semasa dinosaurus meraja di planet bumi. Penyu belimbing merupakan jenis penyu terbesar yang mempunyai berat mencapai 900 kg, dengan panjang sekitar 1,5 Meter hingga 2 Meter. Penyu belimbing dapat ditemukan dari perairan tropis hingga ke lautan kawasan sub kutub dan biasa bertelur di pantai-pantai di kawasan tropis.

6. Buaya Muara
Gambar Hewan Purba Buaya Muara
Hewan ini merupakan salah satu hewan purba yang tersisa di bumi ini. Buaya ini merupakan salah satu buaya terbesar di dunia. Panjang tubuh buaya ini bisa mencapai 12 meter. Buaya masih mempunyai kerabat dekat dengan hewan reptil purba, CrocodileSaurus yaitu nenek moyang buaya yang mempunyai panjang hampir 30 meter. Dan baya ini dapat ditemukan mulai dari Teluk Benggala (India, Sri Langka, dan Bangladesh) hingga Kepulauan Fiji.

7. Ikan Arwana
Gambar Hewan Purba Arwana
Tida disangka hewan yang cantik ini termasuk hewan purba yang belum punah. Studi genetik dan temuan fosil menunjukkan, ikan ini setidaknya telah hidup di bumi sejak 220 juta tahun yang lalu. Arwana termasuk ikan karnivor yang mendiami habitat sungai dan danau berair tenang. Ikan ini dapat ditemukan di Amazon, dan di beberapa bagian Afrika, Asia dan Australia.

8. Nautilus 
Gambar Hewan Purba Nautilus
Nautilus disebut juga living fossil atau fosil hidup karena banyak arkeolog yang menemukan fosil hewan ini di bebatuan, namun sampai sekarang Nautilus masih dapat ditemui di perairan Indo-Pasifik.Menurut para ahli, di era dinosaurus, hewan ini memiliki beragam varian, dikarenakan banyak faktor, sekarang ini silsilah keluarga Nautilus yang tersisa hanya cephalopoda atau cumi-cumi saja.

Silahkan Baca Juga : Hewan Purba Terbesar Di Dunia

Nah itlah Informasi tentang Hewan Purba yang masih hidup sampai sekarang, semoga informasi yang kami sampaikan ini bisa menambah wawasan anda tentang hewan hewan purba yang masih hidup saat ini.
Inilah 8 Hewan Purba Yang Masih Hidup Sampai Sekarang | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *