Inilah 4 Jenis Ayam Hutan Yang Paling Langka

Ayam Hutan – Kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda seputar Jenis Ayam Hutan yang paling langka, kita ketahu ayam hutan adalah nama umum bagi jenis jenis ayam liar yang hidup di hutan. Ayam hutan ini dalam bahasa jawanya disebut denga nama Ayam Alas, bahasa madura ajem alas, dan dalam bahasa inggris junglefowl.

Ada empat jenis spesies Ayam Hutan yang menyebar mulai dari india, srilangka dan sampai ke Asia tenggara termasuk kepulauan Nusantara. Dan berikut ini kami akan memberikan informasi tentang 4 Jenis Ayam Hutan Yang paling langka yang bisa anda simak dibawah ini :

1. Ayam Hutan Hijau
Ayam Hutan
Gambar Ayam Hutan Hijau
Ayam hutan hijau adalah nama sejenis burung yang termasuk kelompok unggas dari suku Phasianidae, yakni keluarga ayam, puyuh, merak, dan sempidan. Ayam hutan diyakini sebagai nenek moyang sebagian ayam peliharaan yang ada di Nusantara. Ayam ini disebut dengan berbagai nama di berbagai tempat, seperti canghegar atau cangehgar (Sd.), ayam alas (Jw.), ajem allas atau tarattah (Md.). Burung yang berukuran besar, panjang tubuh total sekitar 60 cm pada ayam jantan, dan 42 cm pada yang betina. Ayam-hutan Hijau diketahui menyebar terbatas di Jawa dan kepulauan Nusa Tenggara termasuk Bali. Di Jawa Barat tercatat hidup hingga ketinggian 1.500 m dpl, di Jawa Timur hingga 3.000 m dpl dan di Lombok hingga 2.400 m dpl.

2. Ayam Hutan Merah
Gambar Ayam Hutan Merah
Ayam Hutan merah Merupakan sejenis burung berukuran sedang, dengan panjang sekitar 78cm, dari suku Phasianidae. Biasanya Ayam betina berukuran lebih kecil, dengan panjang sekitar 46cm.
Ayam hutan jantan memiliki bulu-bulu leher, tengkuk dan mantel yang panjang meruncing berwarna kuning coklat keemasan dengan kulit muka merah, iris coklat, bulu punggung hijau gelap dan sisi bawah tubuh berwarna hitam mengilap. Dikepalanya terdapat jengger bergerigi dan gelambir berwarna merah. Ekornya terdiri dari 14 sampai 16 bulu berwarna hitam hijau metalik, dengan bulu tengah ekor yang panjang dan melengkung ke bawah. Kaki berwarna kelabu dengan sebuah taji. Ayam betina memiliki kaki tidak bertaji, bulu-bulu yang pendek, berwarna coklat tua kekuningan dengan garis-garis dan bintik gelap. 

3. Ayam Hutan Kelabu
Gambar Ayam hutan Kelabu
Ayam hutan kelabu atau Gallus sonneratii adalah salah satu dari empat spesies ayam hutan. Ayam ini mempunyai ukuran yang sedang, yang panjangnya sekitar 80cm, dari suku Phasianidae. Ayam betina berukuran lebih kecil, yang panjangnya sekitar 38cm.
Ayam hutan jantan memiliki bulu-bulu leher, tengkuk dan mantel berwarna kelabu berbintik hitam-putih dengan kulit muka merah, bercak putih di telinga, paruh kuning kecoklatan, iris mata kuning, ekor hitam keunguan dengan bulu tengah ekor yang panjang dan melengkung ke bawah. Sisi bawah tubuh berwarna kelabu bergaris putih dan kakinya berwarna kuning kemerahan terang dengan sebuah taji. Ayam betina memiliki kaki tidak bertaji, bulu-bulu yang pendek, berwarna coklat tua dengan bulu-bulu seperti sisik berwarna putih kecoklatan di bagian sisi bawah tubuh. 

4. Ayam Hutan Srilangka
Gambar Ayam Hutan Srilangka
Ayam Hutan Srilangka yang juga dikenal dengan sebutan Ayam Hutan Ceylon adalah anggota keluarga burung yang endemik di srilangka. Hewan ini menjadi burung kebangsaan bagi negara ini. Ayam hutan Sri Lanka berkait rapat dengan ayam hutan Merah (G. gallus), sejenis ayam hutan liar yang menjadi asas bagi ayam peliharaan pada hari ini.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang 4 jenis Ayam Hutan Yang Paling Langka di dunia, semoga informasi yang sudah kami sampaikan di atas menambah wawasan dan pengetahuan anda. Semoga bermanfaat.
Inilah 4 Jenis Ayam Hutan Yang Paling Langka | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *