Mengenal Komodo, Jenis Kadal Terbesar Di Dunia

SitusHewan.com - Komodo biasa disebut dengan Biawak komodo merupakan spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau komodo, rinca, flores, gili motang dan juga di gili dasami di nusa tenggara.

Komodo/kadal terbesar ini mempunyai panjang tubuh rata – rata 2 sampai 3 Meter. Ukurannya yg besar ini terkait dng tanda-tanda gigantisme pulau, yaitu suatu kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan spesifik yg hidup di pulau kecil berkenaan dng tak adanya mamalia karnivora di pulau area hidup komodo, serta laju metabolisme komodo yg kecil. Krena kadal ini mempunyai tubuh besar, kadal ini menempati posisi predator puncak yg mendominasi ekosistem tempat hidupnya.
gambar komodo
Pada tahun 1910 komodo ini ditemukan oleh peneliti barat. Tubuhnya yang besar serta reputasinya yg mengerikan bikin mereka popular di kebun binatang. Pada saat ini habitat komo di alam bebas semakin berkurang, hal itu disebabkan kegiatan manusia karena itulah untuk sekarang hewan ini merupakan hewan yang di lindungi oleh pemerintah indonesia.

Di alam bebas, komodo dewasa umumnya mempunyai berat kurang lebih sekitar 70 Kg, tetapi komodo yg dipelihara di penangkaran Biasanya mempunyai bobot tubuh yg semakin besar. Spesimen liar terbesar yg dulu ada mempunyai panjang sebesar 3. 13 M. serta berat lebih kurang 166 kilogram, hal tersebut terhitung berat makanan yang ada didalam perutnya.

Hewan ini mempunyai ekor yang sama panjang dengan tubuhnya, dan kurang lebih 60 buah gigi yg bergerigi tajam dengan panjang lebih kurang 2. 5 cm, yg sering diganti. Air liur komodo kerapkali bercampur sedikit darah dikarenakan giginya nyaris semuanya dilapisi jaringan gingiva serta jaringan ini tercabik sepanjang makan. Maka dari itulah komodo ini ini mempunyai bakteri yang sangat mematikan di mulutnya.

Komodo memakai lidahnya utk mendeteksi rasa serta mencium stimuli, layaknya reptil yang lain, dengn indera vomeronasal memakai organ Jacobson, satu kekuatan yang bisa menolong navigasi pada waktu gelap. Dengan pertolongan angin serta kebiasaannya menelengkan kepalanya ke kanan serta ke kiri saat jalan, komodo bisa mendeteksi keberadaan daging bangkai sejauh 4 sampai 9. 5 km.

Itulah Informasi yang Dapat saya sampaikan tentang Mengenal Komodo, Jenis Kadal Terbesar Di Dunia ini, mungkin informasi yang kami sampaikan disini sedikit kurang lengkap tetapi itulah poin utama/penting dari hewan tersebut. Dan terimakasih atas kunjungannya.  
Mengenal Komodo, Jenis Kadal Terbesar Di Dunia | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *