Mengenal Burung Puyuh Dan Cara Beternaknya

Ternak Burung Puyuh – Puyuh merupakan nama untuk beberapa genera dalam familia Phasianidae. Burung Buyuh ini adalah unggas yang hidup di darat dan mempunyai tubuh yang kecil dan sedikit gemuk. Untuk makanan burung ini mereka selalu memakan biji – bijian dan juga memakan serangga yang ukurannya kecil. Puyuh tersebut mempunyai tempat bermain atau bahasa sundanya (ngupuk) sebutan di daerah kami, tempat tersebut biasanya di tempat bekas pembakaran di kebun dan juga di tanang yang lembut seperti pasir. untuk sarang burung tersebut, mereka bersarang di semak – semak yang sedikit tertutup (rimbun).

Burung ini mempunyai ciri Khas yaitu tidak mempunyai ekor panjang seperti burung kicau dan juga puyuh ini dapat terbang dan berlari dengan kecepatan yang sangat cepat. Dengan begitu burung ini sangat susah di tangkap kalau dengan tangan kosong/tanpa strategi.
Burung Puyuh
Gambar Burung Puyuh Petelur
Pada saat ini burung puyuh tersebut mengalami peningkatan/peminat terhadap burung tersebut semakin bertambah. Karena memang burng puyuh ini dapat kita manfaatkan sebagai usaha sampingan kita dengan Beternak dan membuatnya menghasilkan telur yang banyak. Kita ketahui walaupun telur burung puyuh tersebut ukurannya kecil tapi pada saat ini banyak yang menginginkan telur puyuh ini untuk di di olah menjadi makanan yang enak. Dengan demikian Banyak yang Ternak Burung Puyuh pada saat ini.

Bagaimana Cara Beternak Burung Puyuh?

Sebelum anda memulai Ternak Puyuh pastikan bahwa di daerah anda ada penampung telur puyuh. Hal ini karena puyuh termasuk salah satu burung yang produksi telurnya sangat tinggi yakni mencapai 300 butir/tahun. Apabila anda memelihara/beternak puyuh dengan sekala besar maka salauran pemasaran puyuh harus benar - benar sudah ada. Karena daya tahan telur puyuh yang baik hanya 3 minggu.

Hal pertama dalam Ternak Burung Puyuh Petelur adalah Sebagai berikut :
  1. Siapkanlah kandang di lahan yang tepat untuk burung tersebut dan arah yang tepat adalah memanjang dari timur ke barat.
  2. Pesan Bibit, pesanlah puyuh dara, karena burung puyuh dara lebih mudah dalam perawatannya dan juga tingkat kematiannya juga rendah. Anda juga bisa membeli mesin penetas telur apabila anda ingin menetasakannya sendiri.
  3. Isi kandang puyuh dengan kepadatan yang tepat. Panjang kandang baterai puyuh tidak boleh lebih dari 2 meter untuk menghindari aktivitas puyuh yang berlebihan dan lebar dari sebuah baterai sebaiknya kurang dari 70 cm hal ini agar memudahkan kita ketika ingin menangkap puyuh ataupun membersihkan kandang, tinggi dari kandang ataupun sangkar puyuh juga tidak boleh lebih dari 40 Cm ukuran terbaik dan biasa digunakan adalah 30 cm, hal ini untuk menghindari kegiatan meloncat-loncat dari puyuh didalam kandang. 1 box sangkar ini optimalnya diisi dengan 30 ekor puyuh.
  4. Siapkanlah Pakan Puyuh, sebenarnya puyuh juga bisa di berikan pakan ayam tetapi lebih bagus apabila anda memberikan pakan khusus untuk puyuh.
  5. Perhatikanlah suasana kandang, jauhkan dari kebisingan dan ancaman yang bisa membuat puyuh tersebut merasa takut. hal ini sangat perlu diperhatikan agar burung puyuh tersebut tidak stress. Biasanya jika puyuh sudah terbiasa dengan lingkungan sekitarnya perwatannyapun akan semakin mudah.
Nah mungkin Cara Beternak Burung Puyuh yang kami sampaikan ini jauh dari kesempurnaan. Tetapi memang inilah konsep dasar dalam Ternak Burung Puyuh. Semoga cara ternak yang kami sampaikan bermanfaat bagi para pembaca. Dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan dll.  
Mengenal Burung Puyuh Dan Cara Beternaknya | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *