Mengenal Burung Tekukur Dan Cara Memeliharanya

Burung Tekukur merupakan sejenis burung merpati yang tergolong dalam famili columbidae. Dan Burung Tekukur ini merpukan burung pembiak yang bertempat dikawasan yangbterbentang dari india dan srilangka di asia selatan tropika hingga ke china selatan dan asia tenggara timur.

Burung Tekukur adalah burung merpati yang tirus, dengan ekor yang panjang. Panjang burung tekukur ini panjangnya kurang lebih 28 hingga 32 Cm. Bagian belakang sayapnya berwarna kelabu pucat. Untuk kepala bagian bawahnya berwarna merah muda. Mungkin itu sedikit ciri – cirinya.
burung tekukur
Gambar Burung Tekukur
Makanan Burung Tekukur ini adalah biji – bijian dan juga tumbuhan dan biasanya tekukur ini mencari makanannya di padang rumput dan ladang. Banyak yang mengatakan bahwa burung tekukur ini mempunyai mitos tersendiri atau bisa disebut memiliki kekuatan mistik. Tetapi hal itu tidak terlalu banyak orang yang mengetahui di zaman moderen ini.

Dan Bagaimana Cara Memelihara Burung Tekukur Agar Rajin Manggung?

Simaklah Cara memelihara tekukur tersebut dibawah ini :
  1. Apabila anda menginginkan suaranya, pilihlah burung tekukur yang berkelamin jantan dengan ciri-ciri jika sumpit kaki rapat +/- 1 cm-an maka itu bisa dipastikan perkutut jantan dan yang betina lebih renggang, badan lebih besar dan tegak, ekor menyatu.
  2. Mandikanlah tekukur tersebut secara rutin. Cara memandikannya cukup dengan menyemprotkan air memakai spray. 
  3. Jemurlah tekukur di pagi hari dari mulai jam 7 sampai jam 9 bisa juga lebih. Untuk penjemuran ini wajib dilakukan karena sinar matahari di pagi hari sangat baik untuk burung tekukur.
  4. Untuk pemberian makanan, makanan utama untuk burung tekukur adalah biji – bijian, beras merah, milet, butiran jagung dan tambahlah vitamin dan mineral pada makanan atau minuman.
  5. Yang terakhir, Buatlah suasana di sekitar burung tersebut ramah dan aman, jangan sampai berdekatan dengan hewan yang bisa membuat tekukur merasa takut dan terganggu karena itu akan membuat burung tersebut menjadi stress dan bisa mempengaruhi kualitas suaranya.
Nah itulah sedikit tentang Mengenal Burung Tekukur Dan Cara Memeliharanya, kami ucapkan terimakasih karena sudah berkunjungke situs yang sederhana ini.
Mengenal Burung Tekukur Dan Cara Memeliharanya | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *