Mengenal Orang Utan Dan Ciri Cirinya

Orang Utan – Siapa yang tidak tahu tentang hewan ini? Untuk saat ini tidak sedikit orang – orang mengetahui bahwa Hewan ini hidup di Kebun Binatang. Kalau anda ingin mengetahui tentang orang utan, anda harus membaca artikel ini dengan selesai.

Orang Utan mempunyai namalain yaitu awas merupakan sejenis kera besar yang mempunyai lengan panjang dan berbulu kemerah – merahan/coklat, hewan ini hidup di hutan tropika Indonesia dan malayasia, Khususnya di pulau kalimantan dan sumatra.
Orang Utan
Istilah Orang Utan ini diambil dari kata bahasa melayu yaitu Orang yang berarti Manusia. Dan Utan Berarti Hutan. Orang Utan ini mencakup 2 Sub-spesies yaitu Orang utan sumatra dan orang utan kalimantan. Hewan ini memiliki keunikan yaitu hewan ini memiliki kekerabatan dekat dengan manusia pada tingkat kingdom animalia, dimana orang utan memiliki tingkat kesamaan DNA sebesar 96.4%.

Ciri Ciri Orang Utan :
Orang utan memiliki tubuh yang gemuk dan besar, berleher besar, lengan yang panjang, kaki yang pendek dan tertunduk, dan hewan ini tidak mempunyai ekor. Hewan ini memiliki tinggi sekitar 1.25 sampai 1.5 Meter, untuk berat orang utan jantan sekitar 50 sampai 90 Kg, sedangkan orang utan betina beratnya sekitar 30 sampai 50 Kg.

Saat mencapai tingkat kematangan seksual, orangutan jantan memiliki pelipis yang gemuk pada kedua sisi, ubun-ubun yang besar, rambut menjadi panjang dan tumbuh janggut disekitar wajah. Mereka mempunyai indera yang sama seperti manusia, yaitu pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecap, dan peraba.

Lokasi Dan Habitat Orang Utan :
Orangutan ditemukan di wilayah hutan hujan tropis Asia Tenggara, yaitu di pulau Borneo dan Sumatra di wilayah bagian negara Indonesia dan Malaysia. Hewan ini biasa tinggal di pepohonan lebat dan sarangnya terbuat dari dedaunan. Orang Utan dapat hidup Di berbagai tipe hutan, mulai dari hutan keruing, perbukitan dan dataran rendah, daerah aliran sungai, hutan rawa air tawar, rawa gambut, tanah kering di atas rawa bakau dan nipah, sampai ke hutan pegunungan.
Mengenal Orang Utan Dan Ciri Cirinya | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *