Ayam Mutiara Yang Memiliki Warna Bulu Yang Indah

SitusHewan.com - Tahukah Anda Tentang Ayam Mutiara? kali ini kami akan memberikan informasi seputar  salah satu Jenis Ayam Hias yang populer yaitu Ayam Mutiara. Ayam Mutiara merupakan Ayam yang banyak dikembangbiakkan pada saat ini sebagai hewan hiasan. Karena memang Ayam mutiara ini memiliki bentuk tubuh dan warna bulu menarik untuk dilihat. Bulu-bulunya dihiasi dengan bintik-bintik seperti mutiara. maka tidak heran kalau hewan ini disebut Ayam Mutiara. denganh demikian harga ayam mutiarapun lebih tinggi apabila dibandingkan dengan harga ayam konsumsi. Untuk Harga ayam mutiara ini bervariasi tergantung daerah masing-masing, harganya berkisar antara 200 sampai 300 ribu satu pasang.
Ayam Mutia
Gambar Ayam Mutiara
Jenis Ayam Mutiara
Ayam mutiara ini memiliki banyak jenis yang dibedakan menurut warna-warna bukunya antara lain pearl (abu-abu), putih, Royal Purple,Violet, Coklat. Lavender dan lain-lain. Dalam perkembangannya ayam mutiara banyak dihasilkan oleh hasil cross-breeding antara ayam mutiara yang asli dengan ayam lain, sehinga ragam jenis ayam mutiara semakin banyak.
Sebenarnya Ayam Mutiara ini merupakan keluarga Burung (Aves) bukan ayam walau kemudian dikenal dengan nama Ayam Mutiara. Dan Ayam tersebut berasal dari daratan Afrika yang di habitat aslinya hidup bergerombol pada sabana dan semak-semak. Meski dari kelompok burung, ayam mutiara tidak suka terbang tinggi dan lebih suka mencari makan di padang sabana. Karena itu dalam membudidayakan ayam mutiara model tempatnya bisa dibuat seperti halnya di alam aslinya.

Makanan Ayam Mutiara
Pada dasarnya ayam Mutiara ini merupakan hewan omnivora. Di dalam budi daya ayam mutiara secara intensif pemberian makanan disesuaikan dengan kebutuhan gizi setiap harinya dan perlu dihitung secara detail. Kebutuhan gizi dapat dipenuhi dengan memberikan konsentrat, sayur-sayuran, bekatul dan lain-lain.
Seperti halnya beternak ayam jenis lainnya, pola pemberian makanan ayam mutiara berbeda-beda dalam setiap usianya. Pola pemberian makanan ayam mutiara anakan lebih banyak mengunakan konsentrat untuk starter, yang mengandung protein tinggi. Pada usia perkembangan diberikan makanan dengan kandungan konsentrat untuk grower dan pada usia dewasa lebih banyak makanan yang memicu telur dan keindahan tubuh.

Habitat Ayam Mutiara
Banyak Yang mengatakan hewan ini berasal dari daratan Afrika yang banyak menghuni Savana dan semak belukar secara bergerombol. Ayam Mutiara Ini bisa mencapai ribuan dalam satu gerombolannya. Di habitat asalnya ayam ini banyak memakan serangga dan tumbuh-tumbuhan. Selain itu di beberapa kawasan pertanian hewan ini bisa digunakan sebagai semacam “watch dog” untuk menakut-nakuti rusa pemakan tanaman. Karena ia akan mengeluarkan suara yang keras dan berisik apabila ada hewan/orang asing memasuki kawasannya. Karena sebenarnya mereka termasuk dalam golongan burung (aves), ia bisa terbang walaupun lebih suka tinggal di tanah.
Maka tidak heran pada saat ini Ayam Mutiara Menjadi salah satu ayam yang banyak peminatnya karena memiliki keindahan pada warna bulunya dan juga warna yang sangat indah dan bervariasi.
Mungkin hanya itu informasi yang dapat kami sampaikan tentang Ayam Mutiara Yang Memiliki Warna Bulu Yang Indah, semoga Bermanfaat.
Ayam Mutiara Yang Memiliki Warna Bulu Yang Indah | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *