Mengenal 8 Jenis Burung Hantu Yang Hidup Di Indonesia

SitusHewan.comMengenal 8 Jenis Burung Hantu Yang Hidup Di Indonesia, Tahukah anda tentang Burung Hantu? Sekilas burung ini memang sangat menakutkan kalau di lihat dari namanya, tetapi tahukah anda bahwa burung ini Juga mempunyai keunikan dan keindahan. Burung Hantu Adalah kelompok burung anggota Ordo Strigiformes dan merupakan burung yang keluar di malam hari (Nokturnal).

Ada 222 spesies burung hantu yang telah diketahui dan menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika dan beberapa pulau – pulau terkecil lainnya. Tahukah anda, Burung Hantu tersebut di dunia barat dianggap simbol kebijaksanaan tetapi di indonesia sebaliknya burung ini dianggap burung pembawa malapetaka. Makannya burung ini disebut burung hantu. Tetapi burung yang disebut burung hantu ini tidak disemua tempat di nusantara namanya burung hantu.

Burung hantu ini dikenal karena mempunyai mata yang besar mengahadap kedepan, tidak seperti burung lainnya yang matanya menghadap kesamping. Burung ini kadang menggemaskan dan kadang juga menyeramkan karena lehernya sangat lentur dan dapat berputar hingga 180 derajat ke belakang.

Dan simaklah ke 8 Jenis Burung Hantu Yang Hidup Di Indonesia dibawah ini :

1.Tito Alba
Gambar : Burung Hantu
Nama lain dari burung ini adalah  Burung hantu Tito, Serak Jawa atau Barn Owl. Burung hantu jenis ini memiliki tubuh besar, Memiliki Tinggi sekitar 34 cm. Ciri-ciri burung hantu Tito adalah memiliki wajah yang berwarna putih yang berbentuk seperti hati.  Habitat burung hantu tito alba ini adalah daerah berpohon di tepi hutan, perkebuann, hingga taman kota dengan ketinggian mencapai 1.600 m di atas permukaan laut.

2. Celepuk Merah
Burung ini Dikenal juga dengan nama Reddish scops-owl serta memiliki nama latin Otus rufescens. Ukuran tubuhnya sangat kecil, dan tingginya hanya sekitar 15 sampai 18 cm. Habitat ini adalah daerah dataran rendah dengan banyak pepohonan, perbukitan, serta hutan primer dan sekunder. Secara umum, habitat mereka berada pada dataran rendah, tetapi ada juga yang hidup di daerah dengan ketinggian mencapai 1.350 m di atas permukaan laut. Daerah penyebaran celepuk merah antara lain Sumatera, Jawa, Kalimantan hingga Semenanjung Thailand, dan Semenanjung Malaysia.

3. Celepuk Gunung
Dikenal dengan nama Javan Scops Own dan memiliki nama latin Otus angelinae. Burung hantu yang satu ini memiliki ukuran kecil dan tingginya tingginya sekitar 20 cm, dan merupakan spesies burung hantu langka yang hanya dapat ditemukan di Indonesia.

4. Celepuk Rajah
Burung hantu Celepuk Rajah hanya berukuran sekitar 23 cm dan memiliki nama latin Otus brookei. Burung hantu ini tidak terlalu populer dibandingkan burung hantu lainnya yang hidup di indonesia. 

5. Hingkik
Burung ini Sering juga disebut dengan nama Malay Eagle Owl dan memiliki nama latin yaitu Bubo sumatranus . Habitat hingkik adalah di hutan tropis dan subtropis di dataran rendah. Daerah penyebaran Hingkik antara lain di Pulau Keeling, Brunei, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Thailand.

6. Bloketupu
Dikenal dengan nama Bubo Ketupu, Dikenal juga sebagai Malay Fish Owl. Habitat Burung Hantu Ini adalah daerah hutan pegunungan tropis dan subtropis. Daerah penyebaran bloketupu ini antara lain di Brunei, Kamboja, India, Laos, Myanmar, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

7. Beluk watu Jawa
Dikenal juga dengan nama Javan Owlet Glaucidium, dan memiliki nama latin yaitu Glaucidium castanopterum. Burung  jenis ini adalah burung endemik Pulau Jawa dan Bali. Habitat beluk watu jawa adalah di kantung2 hutan di dataran rendah dan perbukitan. Namun mereka juga sering terlihat di pekarangan desa, hutan primer, dan hutan sekunder.

8. Kokok Beluk
Burung hantu yang satu ini dikenal dengan nama Brown Wood Owl dan memiliki nama latin yaitu Strix leptogrammica. Burung ini termasuk jenis burung hantu berbadan besar. Tubuhnya setinggi 45 sampai 47 cm. Kokok Beluk hidup di wilayah Asia Selatan seperti Sri Lanka dan India hingga ke Timur sampai ke Indonesia dan China Selatan.

Next Info : Harga Burung Hantu 2015

Burung Hantu yang sudah kami sampaikan diatas adalah burung hantu yang hidup di indonesia, sebenarnya masih banyak lagi jenis burung hantu di indonesia, tetapi kami hanya menyampaikan sebagiannya saja. Semoga informasi di atas bermanfaatbagi anda.
Mengenal 8 Jenis Burung Hantu Yang Hidup Di Indonesia | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *