Inilah 10 Hewan Langka Yang Ada Di Bali

SitusHewan.com – Setiap daerah pasti memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri, seperti misalkan bali, bali memiliki kebudayaan yang cukup unik, dan juga bali memiliki TNBB (Taman Nasional Bali Barat). Taman ini berlokasi di pulau Bali bagian barat laut yang berada di kecamatan Melaya wilayah kabupaten Jembrana dan di kecamatan Gerokgak wilayah kabupaten Buleleng.

TNBB merupakan bentang alam yang dijadikan kawasan perlindungan dan pelestarian alam baik ditinjau dari segi margasatwa maupun tumbuh-tumbuhan beserta dengan ekosistemnya. Taman ini memiliki kekayaan flora dan fauna yang sangat luar biasa. TNBB seringkali identik sebagai taman nasional yang dibentuk untuk memberikan perlindungan bagi hewan langka yang ada di bali seperti Jalak Bali.

Dan Tahukah Anda Hewan Langka Apa Saja Yang Aada Di Bali?

Kalau misalkan anda belum tahu, silahkan anda simak informasi yang akan kami sampaikan dibawah ini. Ada 10 Jenis Fauna Yang Dilindungi Di TNBB diantaranya adalah :

1. Jalak Bali
Jalak Bali Nama lmiahnya Leucopsar rothschildi merupakan sejenis burung pengicau berukuran sedang, yang mempunyai panjang 25cm. Burung ini lebih dikenal sebagai curik ketimbang jalak. Jalak bali memiliki ciri – ciri khusus yaitu memiliki bulu putih di seluruh tubuhnya kecuali pada ujung ekor dan sayapnya yang berwarna hitam.
Jalak Bali hanya ditemukan di hutan bagian barat Pulau Bali. Burung merupakan satu-satunya spesies endemik Bali dan pada tahun 1991 dinobatkan sebagai lambang fauna Provinsi Bali.

2. Tringgiling
Trenggiling adalah wakil dari ordo Pholidota yang masih ditemukan di Asia Tenggara. Hewan ini hidup di hutan hujan tropis dataran rendah. Terkadang juga Trenggiling ini dikenal sebagai anteater. Makanan utama hewan ini adalah serangga seperti semut dan rayap.

3. Landak
Landak merupakan sejenis haiwan mamalia yang unik. Hewan ini dikenali sebagai "porcupine" dalam bahasa Inggeris yang terdiri daripada gabungan dua perkataan Latin yang bererti Babi Berduri. Landak mempunyai bulu keras yang meliputi bagian atas badan mereka. Duri landak tersebut merupakan salah satu pertahanan yang selalu digunakan untuk melindungi dirinya dari pemangsa lain. Sarang hewan ini terletak dibawah tanah.

4. Jelarang
Jelarang atau tupai kerawak hitam adalah sejenis bajing besar dengan rambut berwarna hitam dengan hiasan putih di bagian bawah kepala dan ekor yang panjang, lebih panjang daripada rata-rata anggota keluarga Sciuridae lainnya. Hewan ini dapat dijumpai di hutan-hutan Asia Tropis dan Subtropis, mulai dari India hingga bagian selatan Cina serta wilayah barat Indonesia.

5. Kueuk
Kueuk nama ilmiah Felis marmorata, Status : Hewan langka yang dilindung dan populasinnya semakin menurun.

6. Menjangan
Menjangan, Rusa merupakan hewan mamalia pemamah biak yang termasuk familia Cervidae. Salah satu ciri khas Menjangan adalah adanya antler (tanduk rusa), dan bukan tanduk, yang merupakan pertumbuhan tulang yang berkembang setiap tahun terutama pada rusa jantan.

7. Banteng
Banteng atau tembadau adalah hewan yang sekerabat dengan sapi dan ditemukan di berbagai negara seperti Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Tinggi banteng ini dapat mencapai 1,6 m dan panjang badannya 2,3 m. Untuk beratnya kurang lebih sekitar 680 sampai 810 Kg.

8. Pelanduk 
Pelanduk atau kancil adalah nama umum bagi sekelompok hewan menyusui berkuku genap yang tergolong ke dalam marga Tragulus. Pelanduk adalah anggota keluarga Tragulidae, berkerabat dekat dengan kijang dan rusa.

9. Biawak
Biawak adalah sebangsa reptil yang masuk ke dalam golongan kadal besar. Dalam bahasa sundanya hewan ini disebut dengan Bayawak. Umumnya hewan ini hidup di dekat perairan seperti tpian danau, rawa – rawa dan juga hidup di lingkungan perkampungan. Kalau di daerah kami (sunda) biawak ini bersarang di goa – goa kecil dan selalu memangsa hewan peliharaan seperti ayam.

10. Penyu
Penyu adalah kura-kura laut. Penyu ditemukan di semua samudra di dunia, Penyu memiliki sepasang tungkai depan yang berupa kaki pendayung yang memberinya ketangkasan berenang di dalam air. Walaupun seumur hidupnya berkelana di dalam air, sesekali hewan kelompok vertebrata, kelas reptilia itu tetap harus sesekali naik ke permukaan air untuk mengambil napas. Itu karena penyu bernapas dengan paru-paru.

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan tentang 10 Hewan Langka Yang Ada Di Bali, anda juga dapat membaca Daftar Hewan Langka Di Indonesia, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang jenis - jenis hewan yang ada di dunia.
Inilah 10 Hewan Langka Yang Ada Di Bali | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *