Keberagaman Hewan Endemik Di Indonesia

SitusHewan.com - Hewan Endemik di Indonesia, Indonesia, Negara kepulauan terbesar di dunia, pesonanya tersebar di beribu-ribu pulau dari pulau sabang di Aceh, hingga Merauke di Papua. Dengan wilayah yang membentang luas, keanekaragaman hayatinya pun tak perlu diragukan lagi. Bermacam jenis hewan dan tumbuhan dapat dengan mudah ditemukan di kepulauan khatulistiwa ini. Dari mulai hewan mamalia besar, reptil, aves, pisces, hingga serangga dengan keunikannya masing-masing dapat ditemukan di hampir setiap sudut negeri ini. Dari sekian banyak ragam hewan itu, beberapa diantaranya merupakan hewan endemik di Indonesia, atau hewan yang hanya dapat ditemukan di wilayah Indonesia ini saja. Bersyukurlah kita terlahir sebagai orang Indonesia, karena kita dianugerahi oleh Tuhan segala kekayaan alam yang tak ada duanya.
Hewan Endemik Di Indonesia
Hewan Endemik
Untuk menuju ke topic bahasan mengenai Hewan Endemik Di Indonesia ini, kita perlu mengetahui terlebih dahulu alas an dan latar belakang yang membuat alam Indonesia ini kaya akan keanekaragaman hayati. Faktor yang membuat nusantara ini kaya akan hewan endemik diantaranya adalah posisi negara kita yang berada di batas dua benua, yaitu Asia di utara dan Australia di selatan. Alfred Russel Wallace sejak dahulu setelah penelitiannya di kepulauan nusantara membagi kawasan Indonesia menjadi dua bagian. Dengan garis Wallace-nya yang terkenal berada diantara Kalimantan dan Sulawesi. Wallace membuat garis itu karena melihat keadaan hewan di barat dan timur Indonesia memiliki karakter yang berbeda. Di barat jenis hewan yang ada cenderung menyamai karakteristik hewan asia, yaitu mamalia besar seperti gajah dan badak, sementara di timur, hewan-hewan itu hilang digantikan burung-burung eksotis dan hewan berkantung mirip di Australia.

Hewan Endemik di Indonesia banyak jumlahnya, dari pulau Sumatra hingga Papua selalu memiliki hewan endemiknya masing-masing.  Di Sumatra misalnya ada harimau sumatra, gajah Sumatra, orangutan Sumatra, badak Sumatra, dan masih ada beberapa lagi yang juga tersebar di kepulauan mentawai. Hewan endemik di Indonesia yang paling terkenal adalah si Naga yang mendiami pulau komodo, yaitu kadal besar bernama Komodo Dragon. Bahkan pulau komodo pernah masuk kandidat yang akan menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.


Sayangnya keberadaan mereka para Hewan Endemik Di Indonesia dewasa ini semakin terancam, menyusul hilangnya habitat alam tempat kehidupan mereka berlangsung. Pembabatan hutan dan pembukaan lahan perkebunan sawit di Kalimantan dan Sumatra telah membunuh banyak hutan habitat orang utan dan harimau. Laju modernisasi selalu mengorbankan alam liar dan segala isinya. Semoga saja pemerintah kita diberikan kesadaran untuk menghentikan perusakan hutan demi terjaganya harta keindahan alam yang Tuhan berikan pada negara kita tercinta ini. Sedikit informasi tadi semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan wawasan kawan-kawan para pembaca.  
Keberagaman Hewan Endemik Di Indonesia | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *