Makanan Burung Nuri Dan Cara Menjinakannya

SitusHewan.com – Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi Seputar Makanan Burung Nuri dan juga cara menjinakan burung nuri, Kenapa Harus Di Jinakan? Yupp, , pertannyaan yang cukup mendasar. Kita ketahui Burung nuri merupakan burung yang terkenal dengan keindahan warna bulunya, tidak hanya itu burung ini juga mempunyai keunikan yaitu bisa menirukan suara manusia.

Tetapi burung nuri yang inidah ini juga terkenal dengan ke liarannya, dengan demikian kita perlu tips/cara untuk menjinakan burung tersebut. Ada beberapa cara untuk menjinakan burung yang mempunyai paruh bengkok ini dan akan kami bahas setelah membahas Makanan Burung Nuri yang akan kami sajikan dibawah ini, simaklah :
1. Buah dan Sayuran Segar
Makanan seperti buah – buahan dan sayuran ini sangat disarankan untuk burung yang berparuh bengkok seperti burung nuri karen banyak sekali kandungan nutrisi didalamnya untuk membuat kesehatan burung tersebut tetap terjaga. Sayuran segar yang baik untuk Burung Berparuh bengkok ini adalah sayuran hijau seperti kacang hijau, brokoli, dll, dan sayuran berwarna oranye ( wortel, kentang, ubi jalar). sayuran segar ini perlu disediakan setiap hari. Buah dan Sayuran Segar bisa di berikan sebagai makanan tambahan atau makanan selingan. Misalnya jagung dan kacang polong. Tetapi jangan terlalu sering karena memiliki kadar gula yang tinggi.

2. Pellet Khusus Burung
Anda tahu kan Pellet? Pelet merupakan makanan burung yang dibuat khusus untuk mencukupi kebutuhan nutrisi burung, jika burung nuri anda tidak menyukai makanan buah – buahan dan sayuran, pelletlah yang menjadi pengganti dari makanan tersebut. Alangkah baiknnya warna dari pellet tersebut natural yaitu berwarna coklat muda hingga coklat tua, karena pellet yang berwarna biasannya mengandung bahan kimia/gula.

3. Bubur Buatan
Bubur buatan ini bahannya bisa terdiri dari gandum, sayuran, serta beras merah, jewawut, dan millet yang sudah dimasak. Selain bergizi, bubur khusus burung ini disukai semua burung paruh bengkok, apalagi disajikan dalam bentuk hangat.

4. Campuran Biji-bijian
Sebenarnya Biji-bijian tidak selalu menjadi makanan utama burung paruh bengkok. Sebagian besar burung berukuran besar hanya memakan biji-bijian sebagai makanan selingan. Dan apabila burung tersebut sudah lama tidak mengkonsumsi biji – bijian sebaiknya jangan diberikan. Begitupun sebaliknya.

5. Snack Sehat
Snack untuk burung berparuh bengkok mungkin jarang dijumpai di Indonesia. 
Tetapi apabila anda ingin mencobannya dirumah untuk bahannya sama seperti membuat bubur khusus burung namun diproses memakai oven hingga berbentuk roti atau biskuit.

6. Air Bersih
Jangan lupa, air merupakan sesuatu yang paling utama untuk burung ini, dan usahakanlah selalu membersihkan wadah air tersebut alangkah baiknnya diganti dengan air yang bersih setiap hari

Info Lainnya : Harga Burung Nuri 2016

Tips Simple Menjinakan Burung Nuri :
  1. Bentuk sangkar burung nuri harus terbuka dan gunakanlah rantai pengaman untuk burung tersebut agar tetap didalam sangkar.
  2. simpanlah sangkar burung nuri di tempat yang ramai agar burung tersebut terbiasa dengan keberadaan manusia di sekitarnya.
  3. seandainnya burung nuri merasa kelabakan ketika ada orang yang lewat letakanlah nuri diposisi tinggi, dan boleh sedikit demi sedikit diturunkan apabila keadaan burung tersebut sudah tidak merasa takut.
  4. Memandikannya merupakan salah satu cara yang sering digunakan. Mandikan burung nuri hingga bulunya basah kuyup, kemudian masukkan ke dalam sangkar dan gantung ditempat yang ramai. Dengan demikian burunag nuri akan sibuk mengurusi bulunya sehingga tidak memperdulikan suasana ramai di sekitar sangkar hingga lama-kelamaan burung nuri akan terbiasa berada dala keramaian. 
  5. Pemberian makan, ternyata pemberian makan terhadap burung nuri bisa sebagai media untuk menjinakannya. Burung nuri yang sedang lapar akan berusaha mencari makan secepat mungkin. Saat itulah kita coba untuk memberinya makan secara langsung. Supaya saat memberi makan burung nuri tangan kita aman Gunakanlah lidi atau kawat panjang. Lakukan hal tersebut setiap hari dengan memendekan kayu maupun kawat hingga pada akhirnya kita dapat memberinya makan secara langsung menggunakan tangan kita.
Nah tidak salahnya kan mencoba tips diatas? dan mudah – mudahan burung nuri anda cepat jinak. Itulah yang dapat kami sampaikan di artikel ini, mudah mudahan informasi yang berjudul Makanan Burung Nuri Dan Cara Menjinakannya bermanfaat bagi para penghoby burung di indonesia.
Makanan Burung Nuri Dan Cara Menjinakannya | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *