Mengenal Burung Enggang Dan Makanannya

SituHewan.com – Burung Enggang atau sering juga disebut dengan burung Rangkong merupakan jenis burung yang mempunyai paruh berbentuk sapi tetapi tanpa lingkaran. Burung ini juga mempunyai nama ilmih yaitu Buceros yang artinya Tanduk Sapi dalam bahasa yunani. Dan terdiri dari 57 spesies di asia dan afrika. 14 diantarnnya terdapat di indonesia.

Burung enggang juga mempunyai jenis yang paling besar yaitu Enggang Gading dilihat dari (kepala, paruh dan tanduknya yang menutupi bagian dahinnya. Dan burung enggang gading menjadi salah satu burung maskot Provinsi Kalimantan Barat. Karena jumlah dari burung ini semakin berkurang maka dengan demikian burung ini menjadi salah satu hewan yang dilindungi oleh pemerintah. Makana Burung Enggang ini adalah buah-buahan, kadal, kelelawar, tikus, ular dan berbagai jenis serangga lainnya.
Photo Burung Enggang
Burung Enggang mempunyai kebiasaan hidup berpasang-pasangan dan cara bertelurnya merupakan suatu daya tarik tersendiri. Pada awal masa bertelur burung jantan membuat lubang yang terletak tinggi pada batang pohon untuk tempat bersarang dan bertelurnya burung betina. Selama mengerami telurnya, sang betina bersembunyi menutup lubang dengan dedaunan dan lumpur dengan lubang sebagai jendelanya. Kemudian burung jantan memberi makan burung betinanya melalui sebuah lubang kecil selama masa inkubasi, dan berlanjut sampai anak mereka tumbuh menjadi burung muda.

Kini burung Rangkong merupakan burung langka yang sudah sangat sulit di temui di kalimantan, itu dikarenakan pengrusakan hutan borneo yang terus menerus terjadi seperti penebangan hutan ilegal, ataupun menjadikannya perkebunan, tetapi tidak hanya itu dikarenakan burung ini memiliki harga jual yang sangat tinggi maka banyak orang juga yang memburu burung enggang tersebut. Harga burung enggang ini bisa mencapai 2,5 Juta per kepala. Maka tidak heran burung tersebut banyak diburu.

Ada 17 Jenis Enggang Yang Dilansir Dari Wikipedia Diantarannya Yaitu :
Burung Enggang Badak,  Burung Enggang Jambul Hitam, Burung Enggang Belukar,  Burung Enggang Jawa, Burung Enggang Kedut, Burung Enggang Papan, Burung Enggang Tangling, Burung Enggang Kelingking, Burung Enggang Gunung, Burung Enggang Belantara, Burung Enggang Belulang, Burung Enggang Tebang Mentua, Burung Enggang Bukit, Burung Enggang Jambul Putih, Burung Enggang Dahan, Burung Enggang Gatal Birah, Burung Enggang Paruh Merah.
Semoga informasi di atas bermanfaat, dan terimakasih karena telah membaca artikel kami yang berjudul Mengenal Burung Enggang Dan Makanannya.
Mengenal Burung Enggang Dan Makanannya | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *