Mengenal Murai Batu Medan Dan Ciri Cirinya

SitusHewan.com - Murai Batu Medan merupakan jenis Burung yang dapat dikatakan paling baik dari seluruh Burung murai batu yang Hidup di Indonesia. Murai batu terhitung ke dalam family Turdidae. Menyebar di semua pulau Sumatra, Kalimantan, serta beberapa pulau Jawa. Dan murai batu juga merupakan salah satu burung  kicau yang paling banyak diminat oleh para penghoby burung.

Murai Batu Medan Asli sebenarnya hanyalah istilah sebutan saja, burung ini sudah mulai jarang ditemui di hutan dan gunung, jadi sekarang kebanyakan juga berasal bukan dari Medan, Tetapi melainkan dari wilayah lain seperti Aceh dan daerah lain di Sumatera Utara. Murai Batu medan mempunyai postur tubuh yang gagah, dan memiliki fisik yang luar biasa, tidak hanya itu burung ini juga mempunyai suara yang keras. Lagu jenis apapun hampir pasti dapat dibawakan dengan baik oleh murai medan. Maka tidaklah heran murai batu medan menjadi salah satu burung yang paling banyak diminati di indonesia.

Apakah Anda Tahu Ciri Ciri Murai Batu Medan?

Kalau misalkan anda belum tahu/masih bisa membedakan ciri-cirnya, simaklah ciri ciri murai batu medan yang akan kami sampaikan dibawah ini :
  • Umunya murai medan memiliki ekor yang panjang yang biasanya mencapai 25cm lebuh, biasanya melengkung, namun adapula yang lurus dan tidak begitu panjang.
  • Dari postur tubuh, murai medan masuk dalam kategori murai berpostur besar. Oleh karena itu lihatlah postur, murai medan selalu terlihat lebih besar dan tegap daripada murai lainnya.
  • Warna bulunya sekilas tampak hitam kelam dan sedikit mengkilap. Namun jika terkena cahaya akan terlihat sedikit kilatan biru semu.
  • Warna kaki merah gelap menunjukkan bahwa murai tersebut adalah murai medan muda. Jika sudah dewasa akan bersisik dan ada lekukan seperti buah belimbing.
  • Terdapat warna putih di sekitar pangkal ekor menuju ke pangkal paha.
  • Kicauannya terdengar keras dan bermacam - macam. Suara dasar saat mengeluarkan suara alamnya menunjukkan bahwa suara murai medan sangat keras dan agak besar. Namun saat dia menirukan suara burung lain, menjadi nyaring dan bahkan lebih keras daripada burung yang ditirukan.
  • Disaat masuk tahap awal emosi dalam bermain, ekor putih akan terlihat ngipas dengan badan menjadi lebih tegak sembari memaki - maki lawannya.
Sebagai seorang penggemar burung kicau, Anda pasti pernah mendengar Murai Medan Super bukan? Nah ternyata Murai medan super hanyalah istilah buatan para penjual dan pedagang murai yang mempromosikan murai berpostur besar dan berekor panjang sebagai murai yang bagus dan super. Padahal tidak begitu, pada kenyataannya kebanyakan murai yang mereka lombakan berpostur sedang saja, dan ekornya juga tidak terlalu panjang. Karena murai yang memiliki postur tubuh besar dan berekor panang penampilannya tidak maksimal.

Untuk Harga Murai Batu Medan anda bisa melihatnya di informasi sebelumnya yaitu tentang Harga Murai Batu Terbaru 2014, silahkan anda baca. Pada kesempatan ini, itulah yang bisa kami sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan kata. Untuk artikel selanjutnya kami akan membahas tentang Perbedaan Murai Batu Medan Dan Lampung, jadi berkunjunglah terus ke situs kami agar anda mendapatkan update terbaru seputar burung kicau.
Mengenal Murai Batu Medan Dan Ciri Cirinya | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *