Tips Memilih Makanan Burung Parkit

SitusHewan.com – Makanan Burung Parkit, Setiap orang yang memiliki hewan peliharaan pastinya ingin selalu memberikan yang terbaik untuk hewan peliharaan yang disayanginya. Maka dari itulah apabila anda ingin hewan peliharaan anda selalu sehat perhatikanlah dari segi makanannya, dan perhatikan juga perawatannya.

Dalam  Postingan sebelumnya kami sudah membahas tentang Makanan Burung Kenari yang baik, dan pada kesempatan ini kami akan membahas tentang Tips Memilih Makanan Burung Parkit, Burung Parkit sebenarnya merupakan salah satu burung yang tidak terlalu rewel dalam hal Maknannya. Makanan popok burung Parkit adalah biji-bijian kecil seperti jewawut, millet merah, millet putih, jagung yang masih muda, beras merah serta beberapa jenis biji-bijian lainnya.
Pastinya anda juga butuh Tips untuk memberi makan pada burung parkit bukan? Simaklah dibawah ini : 
  1. Pilihlah Jenis Makanan Yang Masih Segar, Ciri – ciri Makanan yang masih segar seperti warna pakan millet atau jewawut akan terlihat cerah dan juga betul-betul berisi. Hindarilah makanan yang lama sebab hal ini akan dapat mengurangi nilai gizi dan mineral pada makanan tersebut.
  2. Apabila memilih pakan kiloan yang berasal dari pedagang langsung sebaiknya pakan tersebut kita laukan seleksi terlebihdahulu dengan cara di rendam pada air sehingga biji-bijian yang sudah tidak berisi (kosong) akan terapung, dan buanglah. Ambilah biji-bijian yang sudah tenggelam karena itulah biji yang bagus. Setelah itu jemurlah biji tersebut untuk menghindari terjadinya penjamuran.
  3. Cara lainnya adalah setelah kita rendam dan dicuci biji-bijian itu kita sangrai, dan tambahkan sedikit garam mineral / dapur atau vitamin. Karena hal tersebut dapat menambah nilai plus gizi terhadap makanan burung parkit.
  4. Apabila anda memilih pakan yang sudah jadi (berbentuk kemasan) kita bisa langsung memberikannya. Makanan tambahan baik berupa sayuran seperti halnya tauge atau jagung muda sangat di sukai oleh burung parkit. Dengan makanan tersebut dapat kita berikan kurang lebih seminggu sekali guna mengimbangi kecukupan gizi burung parkit.
  5. Selanjutnya adalah pemberian grid atau batu mineral yang dapat kita peroleh dari kulit sotong atau tumbukan batu bata merah. Tujuan dalam pemberian grid ini supaya dapat memberi kebutuhan mineral bagi si parkit sekaligus juga membantu untuk proses pencernaannya. 
  6. Hal yang terpenting adalah selalu memperhatikan Makanan Burung Parkit tersebut, jangan pernah memberi pakan yang sudah berjamur karena itu akan membahayakan kesehatan burung parkit anda.
Bila anda mengikuti tips diatas insaallh burung parkit kesayangan anda akan selalu sehat. Mudah - mudahan informasi yang sudah kami sampaikan tentang Tips Memilih Makanan Burung Parkit ini Bermanfaat, salam Penghoby Burung Kicau.
Tips Memilih Makanan Burung Parkit | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *