Terancamnya Keberlangsungan Hidup Hewan Liar

SitusHewan.comHewan Liar, Bagi hampir semua manusia, keberadaan hewan dalam kehidupannya tentu bukan merupakan hal yang asing lagi. Di rumah, sekolah, kebun, taman, hutan dan bahkan di tempat-tempat terekstrim sekaligus (misal gurun pasir), hewan liar selalu dapat hidup menjadikan lingkungan tersebut sebagai habitat hidupnya.

Saat peradaban manusia pertama mulai berkembang, manusia sudah hidup berdampingan dengan hewan. Pada dasarnya dulu, seluruh hewan yang ada di muka bumi merupakan hewan liar. Seiring berjalannya waktu, saat kehidupan peradaban manusia semakin berkembang, kita melai mendomestikkan beberapa hewan liar yang dapat mendukung keberlangsungan peradaban kita saat itu. Hewan Liar pertama yang manusia jinakkan mungkin adalah hewan-hewan yang dapat dijadikan ternak untuk sumber protein hewani tubuh manusia. Sapi, kambing, dan ayam pastinya adalah hewan liar yang menjadi ternak yang paling populer di muka bumi ini. Selain itu, setelah peradaban pertanian makin maju, kebutuhan tenaga pembantu untuk mengelola ladang dan ternak juga sangat dibutuhkan para petani, hal ini kemudian mendorong mereka untuk menjinakkan hewan liar lainnya seperti anjing dan kuda.
Hewan Liar
Dewasa ini, dengan semakin dominannya posisi manusia di alam semesta, keberadaan hewan liar di alam makin terpojokkan. Hewan-hewan liar seperti gajah, singa, harimau dan lainnya semakin kehilangan habitat di alam liar. Ancaman kepunahan dialami hampir setiap hewan liar. Mereka terdesak, terpojokkan, hingga akhirnya harus menjadi hiburan tontonan manusia di kebun binatang. Memang usaha-usaha pelestarian dan penyelamatan hewan liar telah banyak dilakukan, upaya melarang perburuan dan eksploitasi hewan digalakan, namun upaya-upaya itu tak akan berarti apa-apa manakala habitat hewan liar ini masih terus dirampas keserakahan manusia. Mereka hewan liar yang hidup di penangkaran dan kebun binatang tentu merasa tersiksa, mereka merindukan hidup di alam bebas habitat alami mereka.

Sebagai Pecinta Hewan, apa saja yang telah kita lakukan untuk menjaga hewan-hewan liar ini tetap hidup? Apakah anak cucu kita nanti masih akan dapat melihat keindahan mereka di alam liar? Untuk kawan-kawan yang senang berburu hewan liar, cobalah untuk berpikir dewasa. Untuk dijadikan peliharaan, telah banyak hewan-hewan peliharaan yang tersedia, jangan coba-coba mengambil dari alam lagi, karena hanya sedikit hewan liar itulah yang tersisa saat ini.

Tulisan ini hanya sebagai media berbagi pemikiran penulis kepada kawan-kawan, tidak bermaksud menghakimi, atau menggurui. Apabila positif, silahkan ambil manfaatnya, jika tak sependapat, boleh kawan-kawan abaikan. Hewan Liar adalah ciptaan Tuhan yang perlu kita lestarikan, hewan liar merupakan salah satu bagian dari keseimbangan alam semesta ini, manakala mereka hilang, dunia ini akan kehilangan keseimbangannya, kehidupan kita pun akan terancam juga. Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat.
Terancamnya Keberlangsungan Hidup Hewan Liar | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *