Karakteristik, Ciri, Dan Contoh Hewan Mamalia

SitusHewan.com - Dunia Hewan penuh dengan misteri dan rahasia yang hingga sekarang pun masih belum sepenuhnya terungkap. Keunikan dan kemampuan setiap hewan dalam adaptasi hidupnya berbeda-beda, keberagaman kemampuan hewan ini banyak menginspirasi manusia dalam pembuatan teknologi-teknologi canggihnya, semisal pesawat terbang yang meniru modifikasi sayap dari burung. Namun kali ini kita tak akan membahas kemampuan-kemampuan hewan yang jadi inspirasi tersebut, melainkan hal yang lebih mendasar mengenai salah satu kategori hewan yang membedakan mereka dari para reptile dan burung, yakni mamalia. Dalam pembahasan kali ini, penulis akan memberikan sedikit informasi mengenai karakteristik, ciri, dan contoh hewan mamalia.


Hewan Mamalia
Mamalia merupakan salah satu jenis dari hewan berdarah panas. Ciri hewan dalam kategori mamalia adalah adanya kelenjar susu, yang pada jenis betinanya menghasilkan makanan bagi bayi yang mereka rawat. Mamalia juga memiliki struktur tulang daun telinga yang berbeda, memiliki rambut, otak yang mengatur system peredaran darah, dan juga jantung berongga empat. Mamalia terdiri dari 5000 genus yang tersebar ke dalam 425 famili dan 46 ordo.

Sebagian besar mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan, namun ada juga mamalia yang tergolong ke dalam monotremata yang bertelur, hewan itu diantaranya landak dan platypus. Monotremata tidak memiliki susu, namun tetap memiliki kelenjar susu. Melahirkan bukanlah cirri utama dari hewan mamalia, karena ada juga bangsa pisces yang melahirkan seperti ikan guppy dan hiu martil. 

Mamalia memiliki 3 tulang pendengaran pada setiap telinga dan satu tulang (dentari) di setiap sisi rahang bawah. Vertebrata lain yang memiliki telinga, hanya memiliki satu tulang pendengaran yaitu stapes, dan paling tidak 3 tulang pada setiap sisi rahang. Mamalia sendiri banyak jenisnya, contoh dari beberapa hewan tersebut adalah gajah, sapi, kuda, kera, dan lain-lain.

Itulah sedikit informasi mengenai ciri dan contoh hewan mamalia yang dapat penulis bagikan dalam sajian kali ini. Semoga bermanfaat dalam menambah wawasan dan pengetahuan kawan-kawan seputar dunia hewan dan binatang. Jaga kelestarian alam selalu, agar kelestarian hewan yang mendiami alam raya ini juga ikut terjaga.
Karakteristik, Ciri, Dan Contoh Hewan Mamalia | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *