3 Hewan Australia Yang Ada di Indonesia

Hewan Australia yang Ada di Indonesia - Posisi Indonesia yang berada di antara dua benua yakni Asia dan Australia menjadikan negara ini kaya akan keanekaragaman hewan. Berjuta-juta tahun lalu saat dunia belum serupa sekarang, wilayah Indonesia terbagi ke dua benua, bagian barat ke Asia, dan timur menyatu dengan Australia. Oleh karena itu, hewan-hewan yan ada di Indonesia dapat dikategorikan ke dalam dua jenis yaitu tipe asia dan Australia. Sebut saja badak, gajah, dan harimau yang ada di jawa, sumatera, dan Kalimantan merupakan tipe hewan asiatis, sedangkan burung-burung eksotis dan hewan-hewan marsupial berkantung yang ada di papua dan sekitarnya adalah tipe hewan australis. Untuk memperjelasnya, kali ini penulis akan membahas mengenai beberapa hewan Australia yang ada di Indonesia. Apa saja hewan-hewan tersebut, inilah diantaranya.

Burung Kakatua
Burung eksotis ini merupakan salah satu hewan australis yang ada di Indonesia, tepatnya di papua. Burung berparuh besar ini merupakan pemakan biji-bijian. Burung ini merupakan salah satu spesies burung dengan kecerdasan tinggi, tingkahnya lucu, dan dapat meniru suara manusia. Sayangnya karena keeksotisan bentuk tubuh dan bulunya, burung ini sering jadi target perburuan liar untuk di jual di pasar gelap.

Kanguru Pohon
Satu kesamaan dengan kanguru yang ada di Australia hanyalah tubuhnya yang berkantung. Selain itu, kanguru pohon yang ada di papua ini benar-benar berbeda dari saudara Australianya itu. Warnanya keemasan, ekornya lumayan panjang, dan hidupnya sebagian besar dihabiskan di atas pohon. Jadi sebenarnya hewan ini lebih mirip hasil dari percampuran kanguru dan monyet, hehehe.

Kura-kura
Dan yang terakhir adalah hewan dengan tempurung yang selalu dibawanya, yaitu kura-kura. Kura-kura merupakan salah satu hewan australis yang ada di Indonesia. Kura-kura termasuk ke dalam jenis hewan reptilian berdarah dingin. Tulang tempurungnya yang keras berfungsi sebagai perlindungan diri dari pemangsa.

Itulah tadi beberapa Hewan Australia yang ada di Indonesia. Hewan australis dapat dicirikan dengan bentuk tubuh atau bulu yang eksotis, ukuran tubuh tidak terlalu besar, dan kadang termasuk hewan marsupial berkantung. Semoga sajian tadi dapat menambah pengetahuan dan wawasan dari pembaca sekalian.
3 Hewan Australia Yang Ada di Indonesia | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *