Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Riau

Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Riau - Riau merupakan salah satu perovinsi di Indonesia yang berada di pesisir timur pulau Sumatera, pusat pemerintahannya berada di Pekanbaru. Posisinya berada di pantai selat malaka yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Pada tahun 2004, wilayah ini dimekarkan dengan Kepulauan Riau sebagai provinsi baru dimana Tanjung Pinang menjadi ibu kota provinsi ini. Riau merupakan salah satu daerah yang sangat penting di pulau sumatera, mengingat wilayahnya yang sangat berdekatan dengan Malaysia dan Singapura. Tak jarang kontroversi-kontroversi perbatasan sering bermunculan di wilayah ini, seperti penyelundupan barang dari atau ke Singapura, ataupun penjualan pasir-pasir pantai di kepulauan Riau ke Singapura yang digunakan untuk perluasan negara pulau kecil itu.

Karena wilayahnya yang berada di pulau sumatera dan sekitar khatulistiwa menjadikan kawasan ini kaya akan kekayaan alam dan keanekaragaman hayati. Kali ini penulis akan mencoba memberikan informasi mengenai hewan dan tumbuhan langka di riau ini. Beberapa hewan dan tumbuhan yang berada di riau merupakan hewan yang unik dan sangat di lindungi di Indonesia. Hal ini menjadikan wilayah ini perlu mendapatkan perlakuan khusus dalam bidang konservasi alam demi terjaganya ekosistem hutan dan keanekaragaman hewan dan tumbuhan di sana.
Hewan Langka Dan Tumbuhan Langka
Gambar Kucing Langka
Baru-baru ini, ada kabar tersebar bahwa beberapa kucing langka ditemukan masih hidup di suaka wilayah Riau ini. Kucing langka tersebut antara lain kucing dahan, kucing batu, harimau sumatera, kucing emas, dan kucing congkok. Sedangkan untuk hewan khasnya, riau memilih serindit melayu yang langka. Untuk hewan laut, penyu sisi adalah salah satu hewan langka yang ada di riau. Namun sayangnya penyu langka ini masih sering diperjualbelikan di pasar gelap, sehingga keberadaan populasinya makin terancam.

Sedangkan untuk flora atau tumbuhan, riau memiliki banyak ragam tumbuhan langka, salah satunya nibung yang dijadikan lambing masyarakat riau. Selain itu nepenthes atau kantong semar yang merupakan tumbuhan langka masih dapat ditemukan di wilayah riau. Dan yang paling special adalah ditemukannya raflesia merah-putih di hutan riau. Hal ini menjadikan riau sebagai provinsi yang layak mendapat perlindungan khusus untuk wilayah hutan dan kekayaan alamnya.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Riau, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembaca sekalian.
Hewan Dan Tumbuhan Langka Di Riau | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *