Hewan dan Tumbuhan Yang Dilindungi di Indonesia

Hewan dan Tumbuhan yang Dilindungi di Indonesia - Keanekaragaman Hewan dan tumbuhan yang ada di negara kepulauan kita ini tak perlu diragukan lagi jumlahnya. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang paling tinggi di dunia. Banyak ilmuwan-ilmuwan dunia yang telah mengakui itu, salah satunya yang paling bersejarah adalah Alfred Russel Wallace yang pernah begitu terpesona dengan keindahan alam dan keanekaragaman hayati yang ada di negara kita ini. 

Namun saying, dewasa ini keberadaan mereka makin terancam seiring dengan perusakan ekosistem hutan dan perburuan Hewan yang makin merajalela. Banyak diantaranya yang kini terancam punah, bahkan beberapa telah punah total menghilang dari peredaran. Beberapa usaha konservasi telah dilakukan oleh pemerintah, salah satunya adalah dengan memasukkan beberapa jenis hewan dan tumbuhan yang terancam punah ke dalam daftar hewan dan tumbuhan yang dilindungi oleh undang-undang. 

Apa saja hewan dan tumbuhan yang dilindungi di Indonesia? 

Kali ini penulis akan membahas beberapa diantaranya.

1. Cendrawasih
Meski telah masuk daftar dilindungi, burung surga asal papua ini masih banyak diperdagangkan di pasar gelap, keberadaannya yang makin langka adalah akibat dari perburuan liar yang merajalela di tanah papua. Bulunya yang indah dan mempesona menjadikan daya tarik tersendiri yang membuat burung ini menjadi sangat istimewa.

2. Orang Utan
Lain halnya dengan cendrawasih, hewan primate yang merupakan hewan endemic Indonesia ini terancam keberadaannya dikarenakan ekosistem hutan tempat tinggalnya makin sedikit karena pembukaan lahan perkebunan sawit dan pertambangan yang menggila. Orang utan menjadi korban dari keserakahan manusia dalam mengeksploitasi alam.

3. Pohon Penghasil Kayu
Hutan merupakan salah satu yang terancam perkembangan zaman. Meski beberapa kawasan telah menjadi hutan lindung, tetap saja pembalakan liar masih terus-menerus melahap pohon-pohon penghasil kayu yang ada di hutan lindung tersebut.

4. Harimau Sumatera
Sama seperti orang utan, harimau sumatera pun terancam keberadaannya dikarenakan ekosistem hutan tempat hidupnya mulai menghilang dimakan perkebunan sawit. Selain itu masih banyak pula hewan buas ini dibunuh oleh masyarakat karena turun mencari makanan. Padahal jika hutan tak rusak, mereka pun pastinya tak akan mau turun mencari mangsa keluar dari hutan.

Itulah tadi beberapa Hewan Dan Tumbuhan Yang Dilindungi Di Indonesia. Keberadaan mereka makin terancam seiring dengan populasi manusia yang makin menggila.
Hewan dan Tumbuhan Yang Dilindungi di Indonesia | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *