Perbedaan Hewan Vertebrata dan Invertebrata

Perbedaan Hewan Vertebrata dan Invertebrata - Dunia hewan memiliki banyak keajaiban, dari mulai adaptasi bentuk tubuh yang menghasilkan evolusi, corak bulu dan kulit sebagai kamuflase, dan masih banyak lagi keajaiban-keajaiban yang dimiliki hewan di seluruh dunia. Satu buku setebal ensiklopedia bahkan tak cukup tebal untuk mengungkap segala misteri yang dimiliki dunia hewan. Kali ini penulis akan mencoba menambahkan referensi kawan-kawan mengenai dunia hewan, pembahasan kali ini berkisar di seputar informasi mengenai hewan vertebrata dan invertebrata. Apa sih maksud dari dua istilah itu? Untuk memahaminya, mari kita mulai ke pembahasan.
Pembagian hewan kali ini mendasar pada keadaan fisik tulang belakang hewan, mereka dibagi kedalam dua kelompok, yakni hewan vertebrata dan invertebrate. Vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang dalam struktur tulang tubuhnya.  Susunan tulang belakang ini tersusun dari vertebra (tulang yang membentuk punggung yang mudah digerakkan). Layaknya manusia, hewan-hewan jenis ini memiliki punggung untuk membentuk struktur tubuhnya. Hewan jenis vertebrata ini hanya mencakup sebagian kecil dari kingdom animalia, diantaranya semua jenis ikan (kecuali remang, belut jeung, lintah laut, dan hagfish), amfibi, reptile, burung, serta hewan menyusui atau mamalia. Sistem pernafasan hewan vertebrata ini biasanya menggunakan insang atau paru-paru.

Invertebrata atau avertebrata sendiri merupakan kebalikan dari vertebrata, yakni hewan-hewan yang tidak mempunyai tulang belakang. Istilah avertebrata ini digunakan pertama kali oleh chevalier de Lamarck untuk menunjuk hewan-hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Jenis ini mencakup hampir seluruh kingdom animalia, yakni sebanyak 97% dari total kingdom animalia. Contoh hewan-hewan invertebrate ini misalnya serangga, ubur-ubur, cacing, hydra dan cumi-cumi.

Sebenarnya kita telah mengenal semua informasi ini sejak dulu di bangku sekolah, dalam pelajaran biologi pasti akan selalu diterangkan tentang Hewan Vertebrata Dan Invertebrata. Informasi ini penulis berikan hanya sebagai tambahan referensi ataupun sebagai pengingat kembali bagi kawan-kawan semua. Berterimakasihlah kepada para ilmuwan terdahulu yang telah banyak mengungkap segala informasi yang dimiliki hewan. Tanpa perjuangan mereka, mungkin hingga saat ini kita akan tetap buta dan tak pernah belajar dari segala informasi yang dibawa oleh para hewan ini. Terus belajar dan menambah wawasan, semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kawan-kawan sekalian.
Perbedaan Hewan Vertebrata dan Invertebrata | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *