Inilah 4 Jenis Ikan Paling Langka Di Dunia

Ikan Langka –Informasi yang akan admin berikan kali ini mengenai jenis Ikan langka yang ada di dunia. Tetapi tidak semua ikan langka admin bahas di sini. Karena memang sangat banyak hewan hewan langka di belahan bumi ini. Kita ketahui Ikan merupakan jenis makhluk hidup yang mudah kita jumpai di berbagai tempat di Indonesia. Jenis-jenis ikan di perairan Indonesia sangat beragam, mulai dari jenis ikan air tawar seperti di sungai, danau, dan rawa), hingga jenis ikan air laut.

Jika kita melihat ke perairan indonesia, jenis ikan yang ada di indonesia populasinya kini semakin menurun dan sebagian lagi terancampunah punah atau langka. Jenis-jenis ikan Indonesia yang langka tersebut mengalami ancaman akibat berbagai faktor seperti pembukaan lahan,penangkapan tanpa etika dan kerusakan lingkungan dll.

Nah disini kami akan memberikan informasi mengenai 4 Jenis Ikan Yang Langka Di Dunia yang bisa anda simak dibawah ini :

1. Pirarucu
Pirarucu atau Arapaima merupakan ikan dari genus dari bonytongue yg berasal dari Amazon & Essequibo di Amerika Selatan. Mereka yakni ikan air tawar paling besar di Amerika Selatan, & di antara ikan air tawar paling besar didunia. Pirarucu sanggup mencapai panjang lebih dari 2 meter, dalam sekian banyak kasus luar biasa bahkan udah ditemukan yg berukuran lebih dari 2,5 meter & dgn berat mencapai 100 kg. Ikan ini adalah salah satu type ikan makanan yg paling dicari di Amerika Selatan, & akibatnya, Pirarucu yg besar nya lebih dari 2 meter amat jarang ditemukan di alam liar sekarang. 

Pirarucu mempunyai ketergantungan mendasar terhadap hawa permukaan buat bernapas. Terkecuali insang, ikan ini mempunyai gelembung renang yg menyerupai jaringan paru-paru, guna mengizinkan ikan ini buat mengekstrak oksigen dari hawa. Ini ialah adaptasi pada kondisi di dataran Amazon, tapi Pirarucu bakal naik ke permukaan buat mendapati hawa dalam tempo 5 hingga 15 menit. Kecenderungan buat tinggal di permukaan inilah yg membuatnya lebih rentan pada serangan dari penangkap ikan tombak.

2. Freshwater Sawfish
Freshwater Sawfish ialah salah satu ikan predator & ikan laut yg sudah beradaptasi bersama perairan air tawar. Ikan ini hidup di lautan indonesia-pacifik, ialah Australia, Kalimantan, Papua, Vietnam, India, Madagaskar & Afrika Timur. Spesies ini dikenal akan tinggal jauh di sektor dalam sungai termasuk juga danau & kolam. Terhadap periode hujan (Desember-Maret), ikan ini dapat hidup di sungai air tawar sedangkan kepada masa kering (Mei-Oktober), ikan ini bakal lebih menyukai tinggal di muara atau teluk yg menyerupai habitat air laut.

3. Napoleon
Ikan Napoleon yaitu salah satu ikan karang agung yg hidup terhadap daerah tropis. Panjang ikan ini sanggup mencapai 1.5 m. & sekian banyak ikan mampu mencapai ukuran hingga 180 kg terhadap umur 50 th. Kehidupan hewan ini rata-rata sama bersama ikan karang lain yg hidup dengan cara soliter. Salah satu keunikan hewan ini ialah lingkar bola matanya yg akan menyaksikan arah segi pandang hingga 180 derajat. Kebanyakan ikan ini berenang dengan cara sendiri-sendiri mencari makan didaerah dekat karang, lantaran makanannya yg berupa sekian banyak kategori molusca & krustasea benar-benar tidak sedikit berada kepada daerah kurang lebih karang. Ikan ini memiliki pola reproduksi yg hermaphrodite. 

Umumnya ikan ini lahir yang merupakan hewan jantan & bakal beralih jadi betina waktu menjelang dewasa. Ikan Napoleon tidak sedikit terdapat di Kepulauan Anambas, Pulau Laut Natuna & lebih kurang Laut China Selatan. Ikan ini jadi ikan karang paling mahal yg tidak sedikit diringkus oleh para penangkap ikan & di ekspor ke luar negara. Harga satu ekor ikan Napoleon mampu mencapai satu jutaan. Para penangkap ikan menjadikan ikan Napoleon juga sebagai penopang hidup yg menjanjikan. Ketika ini ikan Napoleon telah dibudidayakan oleh warga setempat.

4. Sand Devil
Sand Devil kalau diartikan setan pasir, nama ini cukup aneh bukan? Dan juga mempunyai nama lain yaitu angel shark. Ikan ini merupakan jenis ikan hiu dari keluarga Squatinidae yg ditemukan di ujung benua subtropis & lereng sol sektor atas Atlantik Barat. Entah mengapa ikan ini mendapat nama unik, 'sand devil' pula 'angel shark'. Yg tentu dua nama itu tdk berhubungan bersama tradisi dari ikan ini. Tidak Serupa dari rata-rata ikan hiu yg kita tahu, angel shark nggak agresif, dan juga tidak menyerang, kecuali apabila ikan ini sudah merasa terganggu. Gigitannya bisa menyebabkan luka parah, karena giginya sangat runcing. Nama ilmiah ikan hiu setan pasir ini adalah Squatina dumeril. Ikan ini memiliki beberapa taring pada moncongnya. Dan Makanan yang dimakannya adalah  ikan-ikan kecil, krustasea & hewan bercangkang dua. Nah Sand Devil ini adlah salah satu Jenis Ikan Langka di dunia.

Di dunia yang sangat luas ini pasti sangat banyak hewan-hewan langka yang belum pernah manusia temukan. Namun itulah 4 Jenis Ikan Paling Langka Di Dunia yang dapat saya berikan kepada pengunjung sekalian. Semoga bermanfaat.
Inilah 4 Jenis Ikan Paling Langka Di Dunia | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *