Cara Budidaya Lele Di Kolam Terpal Yang Mudah

Budidaya Ikan Ikan Lele pada mulanya dilakukan di kolam-kolam seperti kolam tembok, kolam beton dan kolam tanah dll. Namun semakin lama teknik budidaya ikan lele tersebut semakin berkembang yaitu dengan memakai terpal dan biasanya disebut dengan nama Budidaya Ikan Lele Dengan Terpal.

Pada saat ini untuk Budidaya Ikan Lele dengan media kolam terpal ini menjadi sebuah pilihan yang paling diminati oleh para pembudidaya. Karena memang teknik tersebut sangat mudah, hemat dan praktis. Cara budidaya ikan lele menggunakan terpal ini sangat populer dikarenakan mudahnya dan bisa menjadikan salah satu Cara Budidaya Ikan Lele Di Lahan Yang Sempit.

Banyak sekali keunggulan dalam budidaya ikan lele terpal ini, keunggulannya sebagian sudah admin jelaskan di atas. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak dibawah ini :
Gambar kolam terpal
Keunggulan:
Praktis dan mudah dan Tidak mudah terkena banjir.
  1. Investasi kecil
  2. Kontaminasi dgn tanah yg tidak diketahui kualitasnya dapat dihindari
  3. Kontrol terhadap kualitas dan kuantitas air lebih mudah
  4. Mudah melakukan pengeringan dan pembersihan
  5. Untuk panennya juga cukup Mudah dan Bisa dipindahkan
Nah itulah keunggulan teknik budidaya ikan lele menggunakan terpal. Untuk jenis budidaya ikan lele ada 2 macam yang sering dilakukan oleh peternak lele, yang pertama bisa anda lihat di bawah :

1. Budidaya lele untuk pembibitan. 
Tujuan budidaya ini adalah untuk dijual lagi ke peternak lainnya dlm bentuk bibit lele. Jenis budidaya ini memang cukup menguntungkan, karena waktu yg dibutuhkan tdk terlalu lama. Ukuran lele 2-3 cm dapat diperoleh dlm waktu 1 bulan, dan ukuran sedang 5-7 cm dapat diperoleh dlm waktu kurang lebih 2 bulan.

2. Budidaya Lele untuk konsumsi. 
Untuk teknik yang satu ini biasanya budidaya lele dilakukan sampai lele tersebut mempunyai ukuran besar. Apabila anda ingin berternak lele untuk tujuan konsumsi, alangkah baiknya pilihlah ukuran lele yang ukurannya 6 sampai 7 cm agar mudah dan cepat dikembangbiakan.

Cara Budidaya Ikan Lele Media Terpal
Untuk pembuatan kolam terpal pertama-tama yang harus diperhatikan yaitu jumlah populasi dan luas kolamnya. Utk populasi 100 ekor lele maka luas kolam terpal yg dibutuhkan adalah (P 2m x L 1m x T 0,6m) P=panjang l=lebar T=tinggi. Dan apabila anda ingin mengembangkan dlm jumlah banyak tinggal di kalikan saja dgn lebar tersebut. Contoh (P 4m x L 2m x T 0,6) bisa menampung 200 ekor lele dan seterusnya, hal yang harus selalu di perhatikan adalah panjang dan lebar kolam.

BahanYang Digunakan:
Terpal
Kayu/ batako/ papan/ tanah
Alat lain pendukung pembuatan kerangka
Untuk kolam bisa dibuat dengan menggunakan kayu, batako, tanah sebagai kerangka. Untuk tanah bisa dengan menggali lobang dan kemudian dilapisi terpal.Sedangkan utk kolam dgn kerangka kayu/ papan/ batako bisa di buat di atas permukaan tanah. Kita ketahui bahwa ikan lele merupakan ikan yang suka bersembunyi. Jadi biar ikan lele tersebut merasa nyaman silahkan anda kasih tempat untuk bersembunyi.

Pemeliharaan dan Perawatan
Sebelum bibit dimasukan ke kolam yg sudah jadi sebaiknya kolam di isi air terlebih dahulu kemudian membuat air agar kaya akan plankton. Caranya dengan memberikan pupuk kompos dri kotoran sapi kedalam air secukupnya kemudian biarkan selama 3 hari sehingga plankton bisa hidup & berkembang.

Supaya lele cepat berkembang sebaiknya di suplay dengan makanan yang berupa palet. Untuk pemberian palet bisa dilakukan 2x 1 hari. Apabila ingin lebih dari 2 kali silahkan kurangi porsi pemberiannya. Anda juga dapat memberikan makanan berupa bekicot, rayap, keong dll. Apabila makanan tersebut kalau ada.

Meskipun lele termasuk jenis ikan yang kuat terhadap berbagai macam kondisi air tetapi tetap dalam budidaya lele ini air yang sudah lama harus diganti karena kalau tidak diganti akan berdampak munculnya berbagai penyakit yang bisa menyerang ikan tersebut. Dan penggantian air sebaiknya dilakukan dengan membuang 10 sampai 30 persen air dan ditambahkan dengan jumlah yang sama setiap minggu 1x atau 2x. Jadi initinyatidak semuanya diganti.

Apabila usia lele sudah mencapai 1 bulan maka seleksi dan pemisahan harus dilakukan. Hal ini mengingat pertumbuhan lele tidak sama antara satu & yang lainya. Dgn memisahkan lele yg terlambat tumbuh bertujuan agar mereka tdk kalah bersaing untuk mendapat makanan dengan lele yg lebih besar.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Cara Budidaya Lele Kolam Terpal. Untuk rekomendasi cara tersebut sama dengan Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang. Terimakasih sudah berkunjung ke situs hewan yang sederhana ini. Semoga info tersebut bermanfaat bagi anda yang ingin membudidayakan ikan lele.
Cara Budidaya Lele Di Kolam Terpal Yang Mudah | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *