Cara Membuat Pakan Lele Dari Ampas Tahu

Cara Membuat Pakan Lele – Pakan merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam usaha ternak/budidaya ikan. dan dari tahun ke tahun pakan untuk ikan tersebutpun semakin mahal harganya. Maka dari itulah disini admin akan memberikan informasi seputar Cara Membuat Pakan Lele Murah yang bahan-bahan utamanya memanfaatkan bahan sisa-sisa seperti hampas tahu.

Ada beberapa macam macam bahan alami yang dapat anda gunakan sebagai bahan untuk pembuatan pakan ikan lele. Pakan organik yang berbahan ampas tahu memiliki tujuan yaitu supaya lele dapat berkembang seperti di habitat aslinya yaitu memakan makanan yang berasal dari bahan organik maka ikan tersebut akan tumbuh dengan baik. Nah jika anda tertarik untuk membuat pakan ikan lele dari ampas tahu silahkan simak ulasan dibawah ini :
Tips Cara Membuat Pakan Ikan Lele Dari Ampas Tahu

Untuk pembuatan pakan lele silahkan anda persiapkan bahan-bahan dibawah ini :
  1. Ampas Tahu 5 Kg
  2. Dedak halus 5 Kg
  3. Tepung Ikan 1 Kg
  4. Tetes Tebu/molases 1 liter
  5. Probiotik (EM4-Perikanan) : 200 Ml
  6. Ragi Tempe 2 sdm
Apabila semua bahan diatas sudah dicampur dan di aduk sampai rata kemudian dimasukan ke dalam ember atau kantong plastik yang sudah diberi lobang udara dngn menggunakan selang untk mengalirkan gas atau udara yg ujungnya ditutup plastik/bekas air gelas mineral tetapi jangn tertutup rapat. Kemudian simpan & biarkan selama kurang lebih 5 hari agar terjadi proses fermentasi secara alami.

Dan apabila setelah di fermentasi 5 hari, pakan ikan lele organik sudah bisa dimanfaat dngn ketentuan :
  • Dapat diberikan langsung dengan cara dikepalkan sehingga ikan lele bisa mengkonsumsi secara langsung
  • Kami menyarankan agar memberikan kepada lele yang umurnya diatas 1 bln dari penebaran ukuran benih 5-7/7-9, sebelumnya bisa diberikan dari hasil fermentasi dan pakan alami pupuk kandang
  • Untuk Pemberiannya jangan bersamaan dengan pemberian pellet ikan
  • Prosentase pemberian 5% dari Biomas Ikan (1,5 – 2 kali jumlah pemberian pakan Pellet).
  • Frekwensi pemberian pakan lele organik dari ampas tahu ini bisa 2 sampai 3x sehari diberikan pada pagi/siang hari
Nah itulah cara membuat pakan lele dari ampas tahu, sebenarnya banyak sekali macam-macam pakan yang bisa anda gunakan seperti pakan lele apung, pakan lele organik dari kotoran kambing, pakan lele dari kotoran sapi, pakan lele dari kotoran ayam, pakan lele dari dedak semuanya merupakan pakan lele yang murah karena kita membuatnya sendiri. Mungkin itulah yang bisa sampaikan anda juga dapat membaca artikel kami yang berjudul cara budidaya lele di kolam terpal. Semoga bermanfaat
Cara Membuat Pakan Lele Dari Ampas Tahu | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *