Cara Mudah Budidaya Belut diair Bersih

Cara Budidaya Belut di Air Bersih - Budidaya hewan merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Ditengah ketatnya persaingan, sulitnya mendapatkan pekerjaan, serta harga kebutuhan pokok yang semakin melambung tinggi, dibutuhkan keberanian dalam membuka peluang usaha sendiri demi memenuhi tuntutan kehidupan di zaman serba sulit seperti sekarang ini. Dan budidaya hewan adalah salah satu peluang terbaik yang dimiliki setiap orang, terlepas dari latar belakang pendidikan yang dimiliki. Apalagi jika basic pendidikan yang kita miliki mendukung dalam mengembangkan usaha budidaya hewan, tentunya peluang ini akan semakin terbuka lebar untuk mendapatkan kesuksesan yang tak terbayangkan sebelumnya.

Nah, kali ini penulis akan memberikan sedikit informasi mengenai budidaya salah satu jenis hewan yang dewasa ini sangat diminati pasar, yakni belut. Belut merupakan hewan perairan yang menyerupai cacing, namun dengan tubuh yang lebih besar dan perilaku yang berbeda dengan cacing. Belut biasanya hidup di lumpur-lumpur daerah berair seperti rawa, danau, kolam, dan sawah. Belut banyak diburu oleh masyarakat karena dagingnya yang sangat lezat untuk dimasak sebagai lauk. 
Selain itu, harga jualnya yang semakin hari semakin tinggi, belut banyak diburu untuk diperjual-belikan. Namun, memburu belut tentunya bukan solusi yang praktis untuk dilakukan setiap hari sebagai lahan mata pencaharian. Selain hasil yang tak tentu, perburuan belut juga akan berdampak pada terganggunya ekosistem lingkungan. Solusi paling praktis guna menjadi pemasok belut ke pasaran, adalah dengan cara budidaya. Penulis akan memberikan sedikit informasi mengenai salah satu cara untuk membudidayakan hewan berlendir ini, yakni cara budidaya belut di air jernih

Cara budidaya yang satu ini memang sedikit berbeda dari biasanya, karena seperti kita ketahui bersama, belut terbiasa hidup di dalam lumpur. Namun sejak pertama kali dicoba oleh seorang peneliti Jepang, ternyata cara ini dapat diterapkan untuk membudidayakan hewan yang satu ini. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk membudidayakan belut di kolam dengan air bersih antara lain :

Air
Air adalah factor uatama yang perlu sangat anda perhatikan dalam budidaya belut dengan cara ini. Pastikan anda selalu mengontrol air dalam kolam belut. Disarankan untuk menggunakan air dari sumur, karena air sumur lebih minim resiko terkena limbah kimia. Rutinlah melakukan sirkulasi pergantian air, karena belut sering mengeluarkan lender yang jika tidak dikontrol akan mencemari air kolam dengan lendir yang dihasilkan sehingga akan meningkatkan keasaman air tersebut. Gantilah air dengan rentang waktu 2-3 hari sekali, guna mempertahankan kesehatan dan kandungan oksigen dalam air.

Tempat Budidaya
Siklus hidup belut tidak dipengaruhi factor iklim, belut dapat hidup baik di daerah dataran rendah maupun tinggi, asalkan air yang dipakai sebagai media budidaya adalah air bersih yang sehat dan bebas dari kandungan bahan kimia. Tempat yang dapat anda gunakan untuk lokasi budidaya belut antara lain kolam pemanen/bak semen, kolam dari terpal, bak plastic, tong/drum. Isilah air pada tempat budidaya hingga memiliki ketinggian 30cm saja.

Pakan
Pakan adalah factor penting lainnya yang mesti anda perhatikan. Berilah pakan secukupnya, yang terlalu sedikit ataupun berlebihan. Pakan yang baik untuk diberikan antara lain cacing lor, cacing merah, cacing lumbricus, ikan cere, ikan cithol, ikan guppy, anakan ikan mas, berudu/kebongce, lambung katak, ulat hongkong, atau keong mas. Jika belut anda telah terbiasa memakan salah satu jenis pakan itu, usahakan untuk tidak mengganti jenis pakan secara serampangan, kecuali jika satu waktu belut anda tidak memakan pakan yang anda berikan.

Bibit
Pembudidaya bibit belut memang masih sangat langka, sehingga akan sedikit sulit untuk menemukan bibit yang sangat bagus untuk modal budidaya anda. Namun usahakanlah untuk memilih bibit dengan kualitas baik, karena bibit merupakan modal utama anda dalam melakukan budidaya ini. Pemilihan bibit yang baik dan berkualitas akan meningkatkan rasio kesuksesan anda dalam proses budidaya belut ini. Carilah bibit yang sehat, memiliki ukuran yang relative seragam, serta bibit terlihat lincah dan gesit.

Itulah sedikit informasi yang dapat penulis berikan untuk bekal anda dalam memulai usaha budidaya belut dengan media air bersih ini. Teori memang perlu anda miliki sebagai bekal, namun praktek lah proses tersulit dan paling menentukan keberhasilan anda dalam melakukan usaha budidaya belut ini.
Cara Mudah Budidaya Belut diair Bersih | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *