Cara Budidaya Cacing Sutra

Situshewan.com - Seiring dengan makin berkembangnya dunia budidaya ikan, kebutuhan akan pakan semakin meningkat pesat, namun ketersedian pakan yang baik dan berkualitas sangat minim adanya di pasaran. Hal ini menjadikan peluang bisnis budidaya pakan ikan sangat potensial untuk menghasilkan banyak rupiah. Salah satu jenis pakan yang banyak diminati adalah cacing sutra atau cacing rambut. Kali ini penulis akan sedikit berbagi informasi mengenai cara budidaya cacing sutra yang baik dan menghasilkan hasil yang maksimal.
Cacing sutra hidup pada media lumpur dengan kedalaman 3-4 cm. Cacing sutra senang hidup di tempat berair dengan kualitas air yang memiliki pH 5,5 hingga 8, suhu 25 hingga 28 derajat celcius, DO 2,5 hingga 7 ppm, dengan debit air yang cukup. Hewan ini berkembangbiak dengan bertelur yang dibuahi secara eksternal.

Langkah pertama yang anda lakukan untuk proses budidaya cacing sutra adalah mempersiapkan bibit yang baik dan berkualitas. Kemudian persiapkan media tumbuh cacing berupa kubangan lumpur dengan luas 1x2 meter dengan system sirkulasi air yang baik. Buat petakan-petakan kecil ukuran20x20 cm dengan tinggi tanggul 10-15 cm. Tempat budidaya dapat dibuat dengan menggunakan plastic terpal.

Persiapkan media tanah pada kubangan dengan memberikan pupuk kandang sebanyak 200 gram/meter persegi dan dedak halus atau ampas tahu sebanyak 250gram per meter persegi. Hal ini perlu dilakukan karena cacing sutra menyukai bahan-bahan organic sebagai sumber makanannya.

Lakukan pemupukan pada media tanah yang telah anda persiapkan. Beri pupuk berupa kotiran ayam yang telah dikeringkan selam 6 jam. Siapkan bakteri EM4. Campurkan dengan kotoran ayam, agar kotoran tersebut terfermentasi dengan baik hingga kadar Nitrogen dan Karbon organic pada kotoran ayam meningkat 2 kali lipat. Setelah proses fermentasi selesai, tebarkan pada media tanam secara merata dan secukupnya. Beri peneduh diatas kolam terpal untuk menghindari sorotan matahari secara langsung kedalam kolam.

Lakukan pembibitan dengan menebar bibit cacing sutra secara merata pada lahan kubangan yang telah anda persiapkan dengan baik. Usahakan media kubangan yang anda miliki dialiri air dengan debit 2,5 liter/jam. Atur debit air dengan pipa kecil.

Lakukan perawatan dengan pengaturan air yang baik serta pemberian pakan yang teratur. Pakan cacing sutra adalah bahan organic yang terkandung dalam media lumpur dalam kubangan, sehingga anda perlu memastikan kubangan lumpur yang anda gunakan mengandung bahan organic yang cukup untuk keberlangsungan hidup cacing sutra.

Setelah budidaya dilakukan selama beberapa minggu, anda dapat memanen cacing pita setiap 2 minggu sekali. Cara memanen yang baik yaitu dengan menggunakan serok dengan permukaan yang lembut. Cacing sutra yang anda dapatkan masih bercampur dengan media lumpur, sehingga anda perlu mengolahnya dengan cara dimasukkan ke dalam ember berisi air agar cacing sutra naik ke permukaan. Agar cacing naik ke permukaan, anda perlu menutup ember selama 6 jam, setelah itu cacing sutra akan bergerombol diatas media lumpur, dan anda dapat mengambilnya.

Demikianlah informasi mengenai cara budidaya cacing sutra yang baik, anda juga dapat membaca artikel lainnya mengenai cara budidaya cacing tanah. semoga semua informasi yang disampaikan di situs ini bermanfaat.
Cara Budidaya Cacing Sutra | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *