Cara Budidaya Ikan Bandeng

Cara Budidaya Ikan Bandeng - Ikan merupakan hewan air yang menjadi salah satu komoditas pangan paling populer di dunia. Mulai dari ikan yang hidup air tawar hingga air laut, beragam jenis ikan tersebut begitu populer untuk dimasak dan dijadikan santapan manusia. Selain karena rasanya yang enak, gizi yang terkandung dalam ikan juga sangat baik untuk dicerna oleh tubuh. Oleh karena kepopulerannya tersebut, komoditas ikan menjadi barang yang permintaan pasarnya tak pernah surut. Untuk memenuhi permintaan pasar tersebut, anda juga dapat ikut menjadi pemain budidaya ikan yang sukses. Nah, untuk terjun ke dunia budidaya ikan, tentunya perlu untuk memperdalam ilmu budidaya. Kali ini penulis akan memberikan seidkit informasi mengenai cara budidaya ikan bandeng. 
Bandeng merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang paling banyak disukai orang-orang. Rasa dagingnya yang lezat serta gizi yang baik membuat bandeng begitu populer di kalangan pecinta kuliner dengan bahan dasar ikan. Ikan bandeng sangat populer di dunia kuliner, olahannya dapat dibuat berbagai menu masakan, salah satu yang paling populer adalah olahan bandeng presto, dimana tulang dari ikan bandeng telah menjadi lunak dan tak menyulitkan saat di makan. Kandungan protein yang sangat tinggi dalam ikan ini, membuat bandeng begitu populer, hal ini membuat pasar permintaan bandeng selalu tinggi.

Kali ini soal budidaya ikan bandeng. Untuk menjadi seorang ahli budidaya ikan bandeng yang sukses, sebenarnya sangat sederhana untuk dilakukan. Anda hanya perlu memiliki sikap rajin, ulet, serta telaten dalam proses pemeliharaan.

Tahap pertama untuk membudidayakan ikan bandeng tentunya anda harus memiliki kolam atau tambak tempat anda akan membudidayakan ikan bandeng yang anda miliki, kemudian anda harus mencari indukan yang sehat dan segar terlebih dahulu. Setelah memiliki beberapa indukan, lakukan pemijahan. Setelah proses pemijahan berjalan dengan lancar, proses berikutnya masuk ke tahap penetasan telur yang dilanjutkan dengan pendederan yang akan menghasilkan bibit bandeng yang sering disebut nener. Namun jika anda malas untuk melakukan proses tersebut, dewasa ini telah banyak bibit bandeng terbaik yang dijual di banyak pemasok bibit ikan bandeng, sehingga anda hanya perlu melakukan tahap berikutnya, yakni proses pembesaran yang akan memakan waktu kurang lebih selam 6 bulan hingga bandeng siap panen.

Untuk proses pemeliharaannya, tak terlalu sulit, anda hanya perlu member pakan secara rutin. Pakan ikan bandeng ini biasanya berupa pellet yang banyak tersedia di pasaran. Untuk pakan alaminya sebenarnya bandeng menyukai plankton dan lumut, jadi usahakan untuk membuat kolam anda dalam kondisi yang sehat dan kaya akan plankton dan lumut.

Teori kadangkala terlihat gampang untuk dilakukan setelah anda selesai membaca dan mempelajari, namun pada prakteknya, aka nada banyak kesulitan dan hambatan yang siap menghadang. Pastikan anda benar-benar telah siap mental dan pengetahuan sebelum akan terjun menggeluti usaha budidaya ikan bandeng ini.
Cara Budidaya Ikan Bandeng | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *