Cara Budidaya Ikan Bawal

Cara Budidaya Ikan Bawal - Siapa yang tak kenal ikan bawal, hampir setiap orang di Indonesia pastinya akan tahu dengan ikan jenis ini. Bawal merupakan salah satu jenis ikan primadona yang permintaan pasarnya begitu tinggi dan stabil setiap saat. Dengan fakta tersebut, tak heran makin banyak petani budidaya yang mulai menggeluti budidaya ikan yang satu ini. Semakin berjalannya waktu, permintaan pasar akan ikan yang satu ini juga semakin bertambah saja, hal ini disebabkan makin maraknya bisnis restoran yang menyajikan menu olahan ikan bawal. 
Jika anda tertarik untuk menjadi salah satu pemain yang turut mengecap banyaknya permintaan pasar ini, lebih baik pelajari dahulu beberapa informasi mengenai cara budidaya ikan bawal yang akan penulis bagikan.

Siapkan Kolam Budidaya
Jika anda tak mempunyai kolam atau tambak, jangan harap untuk mencoba masuk ke bisnis budidaya ini. Kolam merupakan alat utama dimana hampir seluruh proses budidaya ikan bawal berlangsung di kolam yang anda miliki. Keringkan kolam terlebih dahulu, kemudian taburkan kapur sebanyak 25 kg/m2 di dasar kolam. Hal ini berguna untuk menumbuhkan makanan alami ikan bawal di dalm kolam. Lakukan pemupukan dengan berbagai macam bahan kimia dan pupuk kandang. Isi kolam dengan air, kemudian diamkan selama kurang lebih satu minggu. Setelah air berwarna hijau terang barulah dapat dilakukan pembibitan.

Pembibitan
Siapkan jumlah bibit yang sesuai dengan ukuran kolam. Usahakan untuk membeli bibit yang sehat dan lincah, agar bawal yang akan anda budidayakan dapat tumbuh dengan sehat dan optimal. Jangan langsung menebar bibit ke dalam kolam, lakukan dulu proses adaptasi bibit dengan hati hati, agar bibit ikan yang masuk ke dalam kolam tidak mengalami stress.

Pemberian Pakan
Lakukan pemberian pakan berupa pellet secara rutin dan teratur. Pakan merupakan makanan utama ikan bawal yang akan menentukan optimal atau tidaknya pertumbuhan ikan bawal yang anda miliki. Pilih pakan pellet dengan kandungan gizi yang sangat baik, agar ikan tetap sehat dan tumbuh dengan optimal.

Pemanenan
Setelah proses pemeliharaan yang panjang, kurang lebih 4-6 bulan, ikan bawal yang anda pelihara akan mencapai ukuran siap untuk dipasarkan. Biasanya berat optimal ikan bawal setelah rentang waktu 4-6 bulan adalah 500-600 gram per ekor. Lakukan pemanenan dengan berbagai alat, tamping ikan hasil panen dalam kolam kecil dengan keadaan sirkulasi air yang baik. Setelah semua selesai, ikan siap dipasarkan.

Demikianlah informasi mengenai cara budidaya ikan bawal yang dapat penulis berikan semoga info tersebut menjadikan panduan untuk sukses dalam usaha budidaya ikan. untuk pembahasan selanjutnya insallh kami akan memberikan artikel mengenai budidaya ikan bawal bintang, cara budidaya ikan bawal di kolam tanah, cara budidaya ikan bawal di kolam terpal. Salam Sukses Selalu. 
Cara Budidaya Ikan Bawal | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *