Cara Budidaya Ikan Guppy

Cara Budidaya Ikan Guppy - Ikan guppy merupakan ikan aquarium yang berasal dari amerika tengah dan selatan. Ikan gupi memiliki ukuran tubuh yang relative kecil dengan warna warna indah yang dapat menghiasi kolam aquarium yang anda miliki. Habitat aslinya berada di danau-danau dan sungai beraliran tenang. Ikan guppy juga dapat hidup di habitat dengan air payau. Ikan guppy jantan menjadi favorit pecinta ikan hias, karena siripnya yang indah dan berwarna. 

Meski ukurannya kecil dan berharga cukup murah, namun usaha budidaya ikan guppy merupakan lahan bisnis yang menjanjikan keuntungan besar, karena ikan guppy merupakan ikan yang hampir selalu termasuk ke dalam koleksi ikan hias di aquarium-aquarium pehobi ikan hias, karena ukurannya yang kecil dan keindahan warna dan siripnya. Hal ini membuat pasar ikan guppy tak pernah kering orderan.
Untuk membantu kawan-kawan yang akan mulai menggeluti dunia usaha budidaya ikan guppy, kali ini penulis akan membagikan tips dan trik cara budidaya ikan guppy agar menghasilkan keuntungan yang maksimal. Hal pertama yang mesti anda lakukan adalah menyiapkan aquarium untuk sarana pemijahan indukan ikan guppy.

Memilih Indukan
Untuk membedakan ikan guppy jantan dan betina, anda hanya perlu melihat dari penampakan fisiknya. Ikan guppy betina bentuknya lebih bundar dari jantan yang lebih langsing, warnanya lebih kusam jika dibanding jantang tang kontras dan terang, ikan guppy jantan juga memiliki sirip yang menjumbai. Ikan guppy betina yang siap untuk dijadikan indukan minimal harus berusia 4 bulan. Untuk mendapat warna-warni anakan yang anda inginkan, pilihlah indukan dengan warna yang sesuai, karena warna akan diturunkan lewat factor genetis indukan kepada anakan. Pisahkan indukan jantan dan betina pada wadah khusus selama 2-3 hari sambil tetap diberi pakan kutu air atau pakan lainnya.

Proses Pemijahan
Siapkan kolam pemijahan dengan ukuran yang cukup besar, disarankan berukuran 100x50 cm agar dapat menampung 30-40 ekor indukan. Berikan juga tanaman air berupa hydrilla sebaga tempat ikan melakukan proses perkembangbiakan. Pemijahan ini dapat dilakukan secara satu satu ataupun secara masal. Untuk pemijahan secara masal, gunakan perbandingan jantan dan betina 1:2, agar semua betina terbuahi dengan baik. Masukkan ikan betina terlebih dahulu, sebelum kemudian ikan jantan menyusul.

Proses Kelahiran Anakan
Tidak seperti kebanyakan ikan lain, ikan guppy berkembangbiak dengan cara melahirkan. Proses pembuahan terjadi di dalam perut ikan betina. Sediakan kolam khusus untuk proses pelahiran, pastikan kondisi air dan aerasi kolam dalam keadaan baik demi kelancaran proses perkembangbiakan ikan guppy ini. Proses pelahiran akan brlangsung dalam rentang waktu 3-4 minggu.

Pendederan Benih
Proses pendederan sebaiknya dilakukan dalam kolam khusus yang ditempatkan di ruang terbuka, karena sinar matahari sangat dibutuhkan untuk membentuk warna-warni indah pada tubuh ikan guppy. Pakan yang dianjurkan untuk anakan ikan berusia maksimal 5 hari adalah infusoria. Setelah itu ikan dapat diberi pakan berupa udang renik ataupun kutu air. Beri beberapa tanaman air pada kolam pendederan sebagai sarana berlindung bagi anakan ikan guppy.
Cara Budidaya Ikan Guppy | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *