Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Gurame - Gurame merupakan ikan air tawar yang terkenal akan lezat dan gurih daging olahannya. Hampir setiap rumah makan yang memiliki menu ikan bakar, pastilah ada si ikan gurame di sana. Dagingnya yang tebal dan lezat, serta ukuran tubuh gurame yang tergolong besar menjadikan ikan gurame favorit untuk disantap bersama keluarga. Karena kepopulerannya tersebut, tak heran di pasaran harga per kg ikan gurame dipatok cukup tinggi, sehingga ikan gurame ini termasuk jajaran ikan konsumsi yang cukup mewah. Menu ikan gurame sering disajikan dalam acara-acara special seperti perkawinan, syukuran, ataupun menu makan hari-hai besar.
Karena fakta-fakta diatas, bisnis gurame merupakan lahan yang sangat potensial untuk mencari keuntungan, maka dari itu, penulis akan memcoba berbagi tips Cara Budidaya Ikan Rurame di kolam terpal. Hal ini sangat berguna bagi kawan-kawan yang ingin membudidayakan ikan gurame, namun terbatas pada tidak adanya lahan kolam atau tambak, kolam terpal dapat jadi alternative yang bagus untuk anda.

Buatlah Kolam Terpal
Sesuaikan ukuran kolam yang akan anda buat dengan jumlah gurame yang akan anda budidayakan. Untuk ukuran kolam 1x1 meter dengan ketinggian 90cm, dapat diisi sekitar 10 ekor gurame saja dengan berat maksimal bibit 2,5 ons. Untuk membuat kolam, galilah tanah dengan kedalaman sekitar 90cm, kemudian lapisi permukaan tanah dengan terpal. Atau jika tidak memungkinkan untuk menggali, buat kolam terpal dengan diberi rangka kayu, bamboo, atau besi, bentuk hingga berbentuk kotak. Bersihkan dahulu terpal dengan menggunakan air garam, agar bakteri dan bahan kimia pada terpal hilang, sehingga tak akan membuat gurame yang kita pelihara terserang oleh penyakit.

Pembibitan
Untuk melakukan proses pembibitan, nampaknya akan sangat sulit untuk dilakukan di kolam terpal dengan lahan terbatas. Lebih baik anda beli saja bibit-bibit gurame terbaik dari pada pembibit. Pilihlah bibit yang sehat dengan ukuran yang cukup seragam.

Pemeliharaan
Pelet dengan kandungan protein sangat baik untuk pakan ikan gurame, beri makan ikan sebanyak 2 kali sehari secara rutin dan tepat waktu. Tambahkan juga dedaunan atau sayuran sebagai makanan alternative bagi ikan gurame anda. Hal ini sangat penting untuk dilakukan demi perkembangan dan pertumbuhan ikan gurame anda menjadi optimal. Jangan beri pakan secara berlebihan, karena dapat merusak kualitas air dalam kolam. Sering-seringlah mengecek kondisi air, lakukan sirkulasi pergantian air bila kondisi air telah kotor.

Pemanenan
Pemanenan ikan gurame baru akan dapat dilakukan setelah melalui proses pemeliharaan yang panjang. Setelah 5-6 bulan ikan gurame dari bibit seberat 2,5 ons akan tumbuh menjadi 7-8 ons dan siap untuk dipasarkan.
Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *