Cara Budidaya Ikan Neon Tetra

Cara Budidaya Ikan Neon Tetra - Ikan neon tetra kini sedang mengalami fluktuasi tinggi perihal permintaan pasar. Jutaan ekor ikan neon tetra dibutuhkan para pengekspor setiap bulannya. Namun besarnya permintaan pasar ini tidak diimbangi dengan ketersediaan stok ikan neon tetra dari para produsen, jumlah yang sanggup untuk dipenuhi para produsen setiap bulannya hanya sekitar setengah dari jumlah kebutuhan. Hal ini perlu untuk dijadikan referensi kawan-kawan yang sedang berniat untuk terjun ke dunia bisnis budidaya, ikan neon tetra dapat menjadi pilihan yang baik untuk ditekuni.

Tujuan utama ekspor neon tetra adalah Singapura, Amerika, dan Eropa, di Eropa sendiri ikan ini tak hanya dijadikan sebagai ikan hias, namun dijadikan sebahai bahan kosmetik setelah diambil zat warnanya. Peluang pasar sangat terbuka karena negara produsen neon tetra hanya Indonesia dan China saja. Fakta tersebut semakin menambah alasan mengapa anda harus segera terjun ke dunia usaha budidaya ikan neon tetra.
Apa saja tahapan yang perlu dilakukan untuk menjadi pembudidaya ikan neon tetra yang sukses?

Siapkan Tempat Budidaya
Membudidayakan ikan neon tetra cukup sulit untuk dilakukan oleh para pemula yang tak cukup pengalaman. Namun dengan kerja keras dan usaha yang tekun, anda dapat menjadi pembudidaya ikan neon tetra yang sukses. Untuk membudidayakan ikan ini diperlukan air bersih yang sangat steril dengan keasaman pH kurang dari 6,4. Ikan neon tetra senang hidup di tempat gelap, sehingga anda perlu menempatkan ikan ini di tempat dengan cahaya yang minim.

Memilih indukan
Ikan jantan punya badan yang lurus dengan ukuran yang lebih besar dari betina. Sedangkan yang betina punya perut yang gemuk dengan bentuk agak bulat. Pilihlah indukan yang sehat dan berkualitas.

Proses Pemijahan
Buatlah kolam pemijahan khusus dengan air hujan yang telah ditampung dan diendapkan selama kurang lebih 14 hari. Pisahkan indukan yang telah dipilih ke dalam kolam pemijahan. Sebelum memasukkan indukan, pastikan kolam pemijahan telah steril dan memiliki kondisi yang tepat sebagai tempat hidup ikan tetra. 

Selanjutnya masukkan substrat sebagai media tempat menempelkan telur hasil perkembangbiakan ikan. Substrat bisa berupa dedaunan atau tanaman air. Tutup kolam pemijahan agar suasana kolam menjadi gelap. Awasi perkembangan proses pemijahan ini, jika jantan dan betina telah melakukan aksi kejar-kejaran, dalam waktu 3-4 hari dapat dipastikan telur-telur ikan telah menempel pada substrat. Dalam waktu 3 hari larva ikan neon tetra akan muncul dan anda perlu member pakan berupa bakteri infusoria. Setelah proses pemeliharaan larva berlangsung selama 2-3 minggu, anakan ikan neon tetra akan mulai dapat anda lihat dengan baik.
Cara Budidaya Ikan Neon Tetra | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *