Cara Budidaya Ikan Sidat pada Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Sidat - Ikan sidat merupakan salah satu jenis ikan yang sangat baik untuk dibudidayakan, karena ikan ini memiliki kebutuhan untuk hidup yang tidak terlalu sulit untuk anda penuhi. Selain itu, ikan ini juga sangat tahan banting, sidat dapat hidup dalam kondisi lingkungan terburuk. Hal ini menjadikan ikan sidat memiliki banyak nilai plus sebagai hewan budidaya yang baik. Ikan sidat memiliki potensi pasar yang sangat menjanjikan, karena belakangan, ikan jenis ini sangat banyak dicari sebagai ikan konsumsi keluarga. Bagi anda yang tertarik untuk melakukan budidaya ikan sidat, kali ini penulis akan memberikan sedikit informasi mengenai cara budidaya ikan sidat dengan media kolam terpal.

Kolam terpal memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan media tanam ikan sidat lainnya. Keunggulan tersebut antara lain, ikan sidat hasil panen dari kola mini tidak akan berbau tanah. Kolam mudah dibersihkan, temperatus cenderung stabil, biaya pembuatan kolam lebih murah, dan proses pemanenan akan lebih mudah dilakukan.

Langkah pertama yang harus anda lakukan tentunya adalah membuat kolam terpal yang akan anda jadikan sebagai media tanam. Bersihkan alas kolam agar terpal tidak mengenai benda tajam dan bocor. Buat rangka kolam dengan kayu, bamboo atau besi. Pasang dan ikat terpal pada rangka kolam, beri pagar pinggir kolam dengan menggunakan bamboo atau kayu. Untuk mengatur sirkulasi air, dapat dilakukan dengan pompa air, atau dengan membuat saluran pembuangan pada kolam terpal.
Gambar : Ikan Sidat
Untuk urusan pemberian pakan, anda perlu memilih pakan yang sangat baik dalam mendukung pertumbuhan ikan sidat secara efisien. Pakan yang dapat diberikan antara lain, cacing tanah, pellet dengan kandungan protein diatas 40%, atau udang dan kepiting kecil. Kontrol temperature air kolam agar berada di kisaran angka 29 derajat celcius. Berikan aerator untuk mengatur kadar oksigen dalam kolam. pH air harus berada di kisaran angka 7-8.

Selanjutnya dalam masa pemeliharaan, anda perlu memperhatikan beberapa hal penting berikut ini. Beri pakan ikan sidat sebanyak 3 kali sehari, untuk pakan hidup dapat diberikan sebanyak 3 kali seminggu. Lakukan control air secara teratur dengan menggunakan pompa air, agar air dalam kolam terpal selalu dalam keadaan baik dan kaya oksigen.

Itulah beberapa informasi mengenai cara budidaya ikan sidat dalam kolam terpal yang dapat penulis bagikan. Bagi anda para pemula mungkin akan mengalami beragam kesulitan dalam memulai proses budidaya ini, namun dengan usaha yang baik dan kerja keras, anda akan mendapat keuntungan yang maksimal dari usaha budidaya ikan sidat ini.
Cara Budidaya Ikan Sidat pada Kolam Terpal | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *