Ada 5000 Spesies Mamalia di Muka Bumi

Klasifikasi Hewan - Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang eksistensinya telah ada sejak zaman dahulu kala. Secara umum, hewan memiliki definisi sebagai mahkluk hidup yang bisa bergerak, bernyawa, bereaksi terhadpa berbagai rangsangan namun tidak memiliki akal dan budi. Klasifikasi hewan berdasarkan struktur tubuh bisa dibedakan menjadi dua yakni hewan vertebrata yang memiliki tulang belakang serta hewan invertebrata yang tak memiliki tulang belakang.
Hewan vertebrata atau hewan yang mempunyai tulang punggung dibagi lagi menjadi beberapa jenis diantaranya pisces atau ikan, amfibi, reptil, burung, dan hewan menyusui atau mamalia. Masing-masing hewan yang termasuk vertebrata memiliki keunikan tersendiri dan juga sangat beragam. Ikan bernafas dengan insang dan berkembang biak dengan bertelur. Sementara amfibi merupakan hewan yang berdarah dingin dan bernafas dengan paru-paru. Contoh hewan amfibi diantaranya katak, kadal air, serta salamander.

Sama halnya seperti amfibi, reptil juga merupakan hewan yang berdarah dingin. Hewan melata ini mempunyai sisik yang menutupi hampir seluruh tubuhnya seperti buaya dan ular. Burung atau aves dikenal sebagai hewan yang mampu terbang serta mempunyai bulu pada seluruh tubuhnya. Mereka memiliki alat gerak berupa sayap dan kaki. Meski disebut hewan yang bisa terbang, namun ada pula aves yang tak bisa terbang seperti kalkun, bebak, ayam, dan angsa.

Sementara untuk kategori hewan mamalia atau hewan yang menyusui, ciri khasnya adalah memiliki kelenjar susu pada hewan betina. Sesuai dengan namanya, hewan ini mampu memproduksi susu sebagai makanan untuk anak-anaknya. Hewan berdarah panas ini ada juga yang hidup di air seperti duyung, paus, dan lumba-lumba. Namun rata-rata hidup di darat seperti kuda, kucing, gajah, sapi, monyet, rusa, dan domba. 

Fakta unik tentang hewan mamlia yang perlu diketahui, bahwa terdapat sampai dengan 5000 spesies mamalia di muka bumi ini. Yang paling beragam adalah hewan pengerat yang memiliki lebih dari 1.700 spesies. Ciri khas mamalia yang bisa dikenali adalah memiliki rambut. Hewan yang berambut bisa dipastikan mamalia. Rambut bisa tumbuh di beberapa tempat seperti kumis, duri, bulu, maupun tanduk yang memiliki fungsi untuk isolasi saat udara sedang dingin.  Situshewan.com
Ada 5000 Spesies Mamalia di Muka Bumi | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *