Semut Ahli di Bidang Pertanian

Situshewan.com - Fakta Unik Tentang Semut - Semut adalah hewan purba yang masih bisa bertahan hidup hingga saat ini. Dibandingkan dengan serangga lainnya, semut termasuk hewan yang paling cerdas. Semut memiliki otak yang paling besar proporsinya. Senang berkoloni, hewan imut yang satu ini juga terkenal karena senang bergotong royong. Mereka tidak rakus dengan memakan sendiri makanannya.
Tahukah Anda bahwa semut itu jauh lebih pintar dari apa yang Anda pikirkan. Mengapa? Otak mereka besar dibandingkan dengan tubuhnya dan terdapat sekitar 250 ribu sel otak di dalamnya. Mereka juga ahli dalam bidang pertanian dan sudah mulai bertani sejak 50 juta tahun yang lalu. Jauh sebelum manusia berupaya melakukan hal yang sama untuk meningkatkan ketahanan pangan mereka. Semut memakai teknik holtikultura canggih untuk meningkatkan hasil panennya. Mereka tahu mengenai ilmu kimia sehingga mensekresikan sebuah zat kimia yang mengandung antibiotik untuk mencegah tumbuhnya jamur pada makanan mereka. Yang paling mencengangkan dan mungkin akan membuat Anda kagum akan kecerdasan semut adalah  tentang sistem yang mereka buat untuk mengontrol temperatur serta kelembapannya.

Meski tubuhnya sangat mungil, sesungguhnya semut memiliki rangka tubuh. Fakta unik nya, rangka tersebut terletak di luar tubuhnya. Jika melihat dengan alat, Anda akan bisa melihat rangka semut yang terletak di luar seperti baju besi yang mampu melindungi tubuh semut yang kecil. Serangga cerdas ini hanya bisa bertahan hidup 45 sampai dengan 60 hari. Itu untuk semut pekerja. Sangat singkat memang. Namun ada yang umurnya sangat panjang yakni ratu semut yang bisa bertahan hidup sampai dengan 20 tahun. Ratu merupakan hewan yang paling penting dalam sebuah koloni semut karena ratu adalah kunci dari regenerasi yang memproduksi telur semut. 

Jika Anda mengira semut tidak tidur, Anda salah. Hewan kecil ini tetap tidur dengan mata yang tetap terbuka. Sekali tidur, durasinya hanya sebentar yakni sekitar 1 menit saja. Dengan durasi yang sangat singkat itu, semut tidur seharinya bisa sampai 250 kali. itulah Semut Ahli di Bidang Pertanian.
Semut Ahli di Bidang Pertanian | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *