Kapasitas Otak Semut Setara Macintosh II

Situshewan.com - Semut termasuk hewan yang menarik untuk dibahas. Ada beragam semut yang seringkali ditemui diantaranya semut hitam dan semut rangrang. Dibalik tubuhnya yang imut dan terbilang rapuh, semut memiliki banyak keunikan dan keajabaian. Sebelumnya kita telah membahas fakta unik tentang semut, kali ini pun tidak jauh berbeda. Kami akan memberikan informasi mengenai semut tepatnya tentang hal yang membuatnya seperti hewan ajaib.

Dalam sebuah koloni semut terdapat ratu, pejantan, dan semut pekerja. Ratu serta pejantan memiliki tugas untuk melakukan regenerasi atau reproduksi semut-semut pekerja. Semut pekerja pun dibagi menjadi beberapa kategori lagi seperti untuk membela koloni, mengumpulkan makanan, menjaga sarang, serta merawat telur. 
Terdapat 10.000 lebih spesies semut di muka bumi dan sebagian besar bisa ditemukan di daerah yang beriklim panas. Semut mempunyai kaki yang sangat kuat sehingga bisa mengangkat beban sampai 20 kali lipat berat tubuhnya. Semut dewasa bergantung pada sari makanan yang didapat dari potongan makanan padat, dia tidak bisa menelan makanan. Jika dilihat lebih teliti, semut memiliki antena di atas kepalanya, Antena tersebut berfungsi sebagai indera pembau dan indera peraba. 

Spesies semut ada yang bernama Carpenter Ant dimana semut satu ini berbeda dengan semut kebanyakan dan mampu meregang sampai dengan 2 sentimeter bahkan bisa lebih. Sementara pada umumnya ukuran semut hanya 2 sampai 7 milimeter saja. Berbeda dengan serangga lain, semut punya dua perut. Yang satu untuk menyimpan makanan untuk dibagikan ke semut lain, satu lagi untuk menyimpan makanan bagi dia sendiri. Memang, semut terkenal akan karakternya yang senang gotong royong. Read More (Serangga Paling Seram di Dunia)

Dengan otaknya yang besar dibandingkan dengan serangga lain, sebuah penelitian menunjukkan pemrosesan di dalam otak semut nyaris sama dengan Macintosh II. Sebagai omnivora, semut memakan minyak, remah-remah, sampai serangga lainnya. Semut kayu dan semut hitam mampu menyemprotkan cairan asam formiat. Rahang semut terbilang tajam yang biasa digunakan untuk memotong daun tropis dan membuatnya menjadi seperti bubur untuk makanan semut dalam koloninya. Admin situshewan.com
Kapasitas Otak Semut Setara Macintosh II | Situs Hewan | 5

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *